Di Tengah Pandemi, Animo Calon Jamaah Haji Tetap Tinggi

  • Bagikan
Kepala Seksi Pelayanan Haji dan Umrah (PHU) pada Kantor Kemenag Kabupaten Tasikmalaya, Yayat Kardiat.

KAPOL.ID—Kementerian Agama (Kemenag) Republik Indonesia kembali membuka Sistem Informasi dan Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat), Senin (30/8/2021). Praktis, calon jamaah haji sudah bisa mendaftarkan dirinya.

Siskohat memang sempat tutup beberapa pekan lalu. Yaitu selama masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di Jawa dan Bali, mulai dari darurat hingga level 3.

Pembukaan kembali Siskohat menjadi kabar baik bagi masyarakat, termasuk di Kabupaten Tasikmalaya. Seperti dikatakan Kepala Seksi Pelayanan Haji dan Umrah (PHU) pada Kantor Kemenag Kabupaten Tasikmalaya, Yayat Kardiat.

“Alhamdulillah, suatu kebahagiaan bagi masyarakat Kabupaten Tasikmalaya, khususnya yang akan melaksanakan ibadah haji. Kemarin, Senin sekitar pukul 11.00-an, Siskohat sudah dibuka kembali oleh pusat,” terang Yayat, Selasa (31/8/2021).

Kantor Kemenag Kabupaten Tasikmalaya sendiri, kata Yayat, langsung menindaklanjuti hal tersebut dengan cara menginformasikannya kepada Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH). Grup WA menjadi salah satu saluran informasinya.

“Baru saja diinformasikan, langsuh tuh lebih dari 10 orang calon jamaah haji mendaftar. Sebelumnya mereka memang sudah mengantri dengan menyimpan uang pendaftaran terlebih dahulu di bank,” lanjut Yayat.

Kemenag mencatat bahwa sekalipun masih dirundung pandemi Covid-19, tetapi animo masyarakat untuk berangkat ibadah haji tetap tinggi. Secara kalkulasi, calon jamaah haji Kabupaten Tasikmalaya yang sudah terdaftar mencapai 28 ribuan orang.

“Maka, untuk waktu yang mendaftar tahun ini, pemberangkatannya nanti antara 18 atau 19 tahun ke depan. Karena kemarin kan dua tahun tidak ada pemberangkatan,” tambahnya.

Meski pendaftaran untuk calon jamaah haji sudah buka, tetapi sejauh ini belum ada pembukaan bagi calon jamaah umrah.

  • Bagikan