DPRD Kabupaten Tasik Makin Produktif Bahas Ranperda

Cecep Nur Yakin
Cecep Nur Yakin, Ketua Bapemperda Kabupaten Tasikmalaya. (Foto: kapol.id/Amin R. Iskandar)

KAPOL.ID—Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Tasikmalaya semakin produktif membahas rancangan peraturan daerah (Ranperda). Ada 19 Ranperda yang mesti terselesaikan selama 2022, 11 Ranperda di antaranya usul inisiatif legislatif.

“Dari 19 Ranperda yang masuk pada Propemperda 2022, tiga Ranperda bersifat rutin, setiap tahun mesti ada. Sisanya Ranperda usul inisiatif eksekutif dan legislatif,” terang Cecep Nur Yakin, Ketua Bapemperda DPRD Kabupaten Tasikmalaya, Rabu (6/4/2022).

Cecep menegaskan bahwa semua Ranperda yang masuk Propemperda 2022 bersifat penting dan prioritas. Karena itu pihaknya berharap pembahasan semua Ranperda rampung dan sah menjadi Perda, paling lambat akhir tahun 2022.

“Prosesnya sudah berjalan mulai dari pembuatan naskah akademis dan lainnya. Mudah-mudahan bisa selesai akhir tahun ini, supaya masyarakat Kabupaten Tasikmalaya bisa merasakan manfaatnya,” tandas Cecep.

Di lain pihak, Ketua DPRD Kabupaten Tasikmalaya, Asep Sopari Al Ayubi mengemukakan bahwa pada tahun 2022 pihaknya akan lebih produktif. Lantaran selama pandemi Covid-19 kinerja DPRD Kabupaten Tasikmalaya banyak terhambat.

“Kalau kita bandingkan, tahun 2020 kita bahkan minim sekali melahirkan Perda. Karena kerja kita juga sangat dibatasi akibat dari pandemi Covid-19. Pada 2021 kita mulai menerbitkan cukup banyak Perda. Tahun ini malah lebih banyak lagi,” ujar Asep Sopari.

Support KAPOL with subscribe, like, share, and comment

Youtube : https://www.youtube.com/c/kapoltv

Portal Web : https://kapol.tv/
Portal Berita : https://kapol.id/
Facebook : https://www.facebook.com/kabar.pol
Twiter : https://twitter.com/kapoltv
Instagram : https://www.instagram.com/kapol_id