oleh

Dua Pasien Positif Covid-19 Sembuh, Bupati Tasik Optimistis Covid-19 Bisa Dilawan

KAPOL.ID–Satu lagi pasien Covid-19 di RSUD Singaparna Medika Citrautama (SMC) dinyatakan sembuh.

Jumat (22/5/2020), berlangsunglah pelepasan pasien atas nama Asep Azis Sidik. Di sana hadir Camat, Kepala Puskesmas, Danramil, dan Kapolsek Kecamatan Salawu.

Asep Azis Sidik berasal dari Desa Karangmukti, Kecamatan Salawu. Ia masuk RSUD SMC pada 6 Mei 2020. Karena divonis positif Covid-19 berdasarkan pemeriksaan PCR atau Swab pada 4 Mei 2020, di Jakarta.

Direktur RSUD SMC, Iman Firmansyah, menerangkan bahwa vonis kesembuhan Asep Azis berdasarkan dua kali pemeriksaan PCR. Pada 14 Mei 2020, hasilnya menyatakan negatif. Begitu juga pemeriksaan PCR 22 Mei 2020, hasilnya negatif.

“Pa Asep pasien kedua yang dipulangkan dari RSUD SMC. Boleh pulang dengan dua kali pemeriksaan PCR negatif. Sesuai prosedur protap Kemenkes, bahwa dua kali hasil pemeriksaan PCR negatif, pasien dinyatakan sembuh,” terang Iman.

Sekalipun demikian, Iman tetap beramanat agar Asep Azis mengisolasi diri untuk 14 hari ke depan. Tetap menjaga jarak dengan orang lain, rajin cuci tangan, dan bermasker.

Atas kesembuhan mantan perawat relawan di RSPI Jakarta itu, Bupati Tasiknalaya, Ade Sugianto, yang menyerahkan piagam kesembuhan Asep Azis; merasa bersyukur. Sebab, baginya, itu tambahan bukti bahwa Covid-19 dapat dilawan.

“Saya juga berterima kasih kepada tenaga kesehatan yang telah membantu pasien melawan corona. Sehingga dua orang yang terkonfirmasi positif Covid-19 kini telah dinyatakan sembuh total berdasarkan pemeriksaan PCR. Ini juga motivasi bagi yang lain bahwa corona dapat kita lawan, dapat kita sembuhkan,” ujar Ade.

Waspada tetap harus, katanya lagi. Karena corona bukan makhluk yang jinak, melainkan sangat berbahaya. Tetapi tidak perlu sampai ketakutan juga. Beraktivitas tetap boleh, dengan catatan menjaga jarak dan pola hidup sehat.

“Bagi pemudik, saya harapkan tetap isolasi mandiri. Sebab virus ini hanya bisa dikalahkan dengan cara-cara yang dianjurkan,” himbau Ade.

Bukan hanya kesembuhan Asep Azis yang disyukuri Bupati Ade. Tetapi juga tenaga kesehatan (Nakes). Ia menilai Nakes lebih dari profesional.

“Tetapi juga penuh pengertian dan tabah dalam menjalankan tugas kemanusiaan ini dengan sangat luar biasa,” puji Ade.

Komentar