Dua Rumah Nyaris Ambruk, Penghuninya Syok

  • Bagikan
Longsor terjadi di Kampung Sayuran, Desa-Kecamatan Padakembang, Kabupaten Tasikmalaya. Sebanyak dua rumah di bawah tebing tertimpa longsoran hingga nyaris ambruk. Sementara dua rumah di atasnya terancam merosot jika terjadi hujan susulan.

KAPOL.ID–Sebanyak dua rumah mengalami rusak berat akibat terjangan longsoran tebing setinggi 20 meter. Kejadiannya Selasa (1/6/2021) malam, di Kampung Sayuran, Kecamatan Padakembang, Kabupaten Tasikmalaya.

Pada malam itu, hujan dengan intensitas tinggi mengguyur wilayah Kabupaten Tasikmalaya hampir semalaman. Itulah yang menyebabkan terjadi bencana longsor.

Sekalipun kedua rumah rusak tadi nyaris ambruk, tapi tidak menimbulkan korban jiwa. Para penghuninya berhasil lolos dari bahaya dalam keadaan syok. Karena posisi kedua rumah tersebut berada di bawah tebing.

“Dua rumah semi permanen milik Gani dan Sambas mengalami keruksakan akibat tertimpa material tanah dan pohon. Meski penghuninya selamat, tapi perabotan rumah tangga banyak yang rusak,” terang Jembar Adisetya, Ketua FK Tagana Kabupaten Tasikmalaya, Rabu (2/6/2021).

Keluarga Gani dan Sambas untuk sementara dievakuasi ke rumah kerabatnya, yang posisinya lebih aman. Masyarakat sekitar, BPBD, dan Tagana kemudian bergotongroyong menertibkan longsoran.

Selain berakibat buruk pada rumah di bawah tebing, longsor yang lebarnya hampir lima meter itu juga mengancam rumah di atasnya. Sejauh ini teras kedua rumah tersebut nyaris tergerus. Sangat bahaya jika terjadi longsor susulan.

“Relawan kami di lapangan, di samping ikut berupaya mengevakuasi sisa reruntuhan rumah warga, juga mengamankan barang berharga yang masih bisa diselamatkan. Belasan kepala keluarga di wilayah ini juga kami sarankan mengungsi, jika hujan deras terjadi,” Jembar menandaskan.

  • Bagikan