Gerindra dan PKB Kantongi Pimpinan Sementara DPRD Kabupaten Tasikmalaya

  • Bagikan

SINGAPARNA, (KAPOL) – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Tasikmalaya sudah mengucap sumpah pada Senin (2/9/2019). Posisinya sudah resmi berdasarkan Surat Keputusan Gubernur Jawa Barat Nomor 171.2/Kep.695-Pemksm/2019 tentang Peresmian Pengangkatan Keanggotaan

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Tasikmalaya masa jabatan tahun 2019-2024.
Pada kesempatan itu juga ditetapkan Ketua dan Wakil Ketua sementara DPRD Kabupaten Tasikmalaya. Sewaktu-waktu ketua dan wakilnya tersebut bisa berubah, sesuai dengan mekanisme yang berlaku di internal dewan.

Berdasarkan hukum yang berlaku, ketua sementara jatuh kepada partai peraih suara terbanyak pertama, sementara wakil ketua jatuh pada partai peraih suara terbanyak kedua. Sebagaimana telah diketahui sebelumnya, bahwa di Kabupaten Tasikmalaya, Gerindra menjadi pemenang Pileg 2019 dengan sembilan kursi, disusul PKB dengan delapan kursi.

Dengan demikian, salah satu anggota dewan dari Gerindra berhak menjabat posisi ketua sementara. Dalam hal ini jatuh kepada Haris Somantri, S.Sos. Sementara wakil ketua jatuh kepada salah satu anggota dewan dari PKB, yaitu Ami Fahmi.

Setelah ditetapkan, prosesi serah terima jabatan pun dilakukan, antara H. Ruhimat selaku Ketua DPRD periode 2014-2019 dengan Haris Somantri selaku ketua sementara DPRD periode 2019-2024.

Meski baru berstatus ketua sementara, tetapi Haris tetap berpendirian bahwa dirinya dan semua anggota dewan yang baru ini selayaknya memiliki komitmen moral yang besar dan dapat bekerja sama dengan baik bersama Pemerintah Daerah Kabupaten Tasikmalaya.

“Sudah sepantasnya dan sewajarnya Anggota DPRD Kab. Tasikmalaya masa jabatan 2019-2024 benar-benar mampu mengikuti perkembangan zaman serta memiliki komitmen moral yang tinggi, yang terintegrasi dalam peran dan fungsi DPRD sebagai Badan Perwakiln Rakyat, sehingga mampu mengartikulasikan kehendak masyarakat ke dalam program-program Pemerintah yang konkret, melalui hubungan kemitraan yang harmonis dengan Pemerintah Daerah,” ujar Haris. (KP-01)

  • Bagikan