H. Surya Mulyana Dirotasi; Kebahagiaan Bagi Garut, Kehilangan Bagi Tasik

  • Bagikan
H. Surya Mulyana (tengah) berpindah tempat tugas ke Kantor Kemenag Kabupaten Garut. Jajaran Kantor Kemenag Kabupaten Tasikmalaya melepas kepergiannya dengan berat hati.

KAPOL.ID—Kantor Wilayah Kementrian Agama (Kanwil Kemenag) Provinsi Jawa Barat melakukan rotasi dan mutasi sebanyak 210 pejabat eselon IV. Salah satunya adala Kepala Seksi Pendidikan Madrasah Kantor Kemenag Kabupaten Tasikmalaya, H. Surya Mulyana.

Setelah lebih-kurang 20 bulan mengabdi untuk Kabupaten Tasikmalaya, pria asal Garut itu kini kembali ke daerah asalnya. Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Jawa Barat, Dr. H. Adib, M.Ag melantik H. Surya Mulyana sebagai Kepala Seksi Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren Kantor Kemenag Kabupaten Garut, Jumat (18/6/2021).

Pelantikannya sendiri berlangsung menggunakan dua pola. Dalam kata lain, pejabat eselon IV yang bertugas di Kanwil Kemenag Provinsi Jawa Barat dilantik secara langsung di Aula Ussisa Al Maula Kanwil Kemenag Jawa Barat, Jl. Jend. Sudirman Bandung dengan mematuhi protokol kesehatan; sementera pejabat eselon IV yang bertugas di Kantor Kemenag Kabupaten/Kota di seluruh Jawa Barat mengikutinya secara virtual.

Selain untuk mengisi kekosongan jabatan, pelantikan eselon IV tersebut juga wujud penyesuaian struktur organisasi dan tata kerja (SOTK); sebagaimana diatur dalam Peraturan Menteri Agama Nomor 19 Tahun 2019 tentang Organisasi dan Tata Kerja Instansi Vertikal Kementerian Agama.

Kembalinya H. Surya Mulyana disambut baik di Kantor Kemenag Kabupaten Garut. Ketua Forum Komunikasi Pendidikan Quran (FKPQ) Garut, K. H. Undang Ahmad Sobur bahkan menyebutnya sebagai berkah. Karena pihaknya sempat merasa kehilangan saat H. Surya Mulyana dimutasi ke Kantor Kemenag Kabupaten Tasikmalaya.

“Insya Allah sangat disambut baik. Bahkan sudah berkomunikasi dengan rekan-rekan semuanya. Kami sangat senang beliau kembali lagi ke Garut. Sebenarnya ketika beliau ditarik ke Kabupaten Tasikmalaya, kami sangat kehilangan,” ujar Undang.

Undang memberi kesaksian bahwa H. Surya Mulyana sebagai sosok yang loyal, sangat aspiratif, dan selalu terbuka terhadap berbagai keluhan dari pihak pesantren dan lembaga pendidikan lainnya. Kepungannya sendiri sudah dirayu sejak lama. Namun baru terkabul kali ini.

Lain halnya bagi Kantor Kemenag Kabupaten Tasikmalaya. Kembalinya H. Surya Mulyana dirasakan sebagai kehilangan sangat besar. Beberapa staf di Seksi Pendidikan Madrasah Kantor Kemenag Kabupaten Tasikmalaya bahkan sampai meneteskan air mata mengiringi kepergiannya.

“Kami sangat merasa kehilangan. Ketika sedang enak-enaknya membina lingkungan kerja sebagai sebuah keluarga, tiba-tiba tanpa ada informasi sebelumnya, beliau malah dimutasi ke Kabupaten Garut,” ujar Neng Mulidah, salah satu staf Seksi Pendidikan Madrasah.

Bagi para staf, lanjut Neng Mulidah, H. Surya Mulyana telah menanamkan kesan yang sangat mendalam. Semua sangat merasakan kebaikannya serta menimba banyak ilmu darinya. Karena memang seperti keluarga sendiri.

Selama 20 bulan Neng Mulidah mengaku melalui bersama suka dan duka di lingkungan kerja. H. Surya Mulyana selalu siap siaga di garda terdepan menghadapi setiap permasalahan. Sehingga stafnya merasa nyaman. Sehingga sekalipun sering dirundung masalah, tapi tetap bisa berkonsentrasi bekerja tanpa beban.

“Di tempat yang baru, mudah-mudahan beliau mendapatkan keberkahan yang lebih lagi, lebih berkembang kariernya, dan mendapatkan balasan atas semua kebaikan beliau yang diberikan kepada kami di sini,” harap Neng Mulidah.

  • Bagikan