Hade-Yakin Menuju Pelantikan

  • Bagikan
Pasangan Bupati-Wakil Bupati Tasikmalaya pemenang Pilkada 2020, Hade-Yakin butuh waktu maksimal 14 hari sampai pelantikan. (Foto: kapol.id/Amin R. Iskandar)

KAPOL.ID—DPRD Kabupaten Tasikmalaya sudah menindaklanjuti penetapan KPU, terkait pasangan Bupati-Wakil Bupati terpilih pada Pilkada 2020. Yaitu dengan menggelar rapat paripurna.

Paripurna “Pengumuman Penetapan Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Tasikmalaya Terpilih Hasil Pemilihan Kepala Daerah Serentak Tahun 2021” itu berlangsung Rabu (24/3/2021).

Pilkada Kabupaten Tasikmalaya tahun 2020 sendiri dimenangkan oleh pasangan nomor urut 2, Ade Sugianto-Cecep Nurul Yakin. Atau biasa disebut Hade-Yakin.

“Sesuai dengan peraturan pemerintah, bahwa setelah ada penetapan dari KPU, untuk pengusulan kepada Menteri Dalam Negeri itu harus melalui paripurna DPRD,” ujar Ketua DPRD Kabupaten Tasikmalaya, Asep Sopari Al Ayubi.

Sejatinya, lanjut Asep, sekalipun DPRD Kabupaten Tasikmalaya tidak menggelar paripurna, prosesnya bisa oleh DPRD Provinsi Jawa Barat. Tetapi demi harmonisasi hubungan pascapilkada, pihaknya melangsungkan paripurna.

“Mudah-mudahan melalui peripurna ini suasana kembali cair. Karena kita kan tahu kemarin cukup tegang, bahkan sampai berakhir di MK,” lanjut Asep.

Selepas paripurna, DPRD Kabupaten Tasikmalaya melanjutkan surat penetapan ke Gubernur Jawa Barat, untuk dilanjutkan ke Menteri Dalam Negeri. Proses sampai pelantikan butuh waktu maksimal 14 hari.

“Maksimal diproses selama 14 hari. Jadi, kemungkinan setelah 14 hari kemudian, kita sudah mempunyai bupati definitif. Kalau tidak ada suatu halangan apapun,” tandasnya.

  • Bagikan