Jadi Desa Wisata, Banyak “Spot” Foto Menarik di Nanggewer

KAPOL.ID- Semangat warga dalam mewujudkan Desa Nanggewer menjadi Desa wisata di Kabupaten Tasikmalaya sangat luar biasa. Desa yang ada di kaki gunung Cakrabuana itu memiliki potensi alam yang bisa dijadikan sebagai obyek wisata menarik.

Masyarakat secara sukarela terus mempercantik kawasan Desa Nanggewer dengan memanfaatkan potensi yang ada. Mereka mengolahnya hingga menjadi hiasan unik dan menarik yang bisa mengundang pengunjung.

Di area pintu masuk Desa, warga Nanggewer membuat papan nama Selamat datang di Desa Nanggewer dengan bahan bambu. Dan area itu bisa dijadikan lokasi swapoto oleh para pengunjung karena tulisan itu dibuat sangat unik dan menarik dengan polesan cat aneka warna.

Tidak hanya itu, warga juga membuat hiasan lain di sepanjang jalan yang bisa dimanfaatkan untuk swapoto dan sangat bagus untuk diunggah di media sosial. Para pengunjung dijamin betah untuk poto-poto sebelum menikmati keindahan alam desa Nanggewer.

“Masyarakat sangat antusias untuk melakukan penataan kawasan menjadi lebih menarik. Ketika muncul ide langsung diterapkan dengan memanfaatkan potensi yang ada. Kita semua bergotong royong,” kata Kepala Wilayah Kampung Nangewer, Yudi Risma Riyadi Rabu (12/8/2020).

Hasilnya luar biasa di area masuk wilayah Desa Nanggewer sudah banyak spot Poto yang sangat menarik. Ada hiasan berbentuk hati yang terbuat dari potongan bambu. Nama Nanggewer juga dari bambu dan hiasan lainya.

“Ada banyak spot Poto di pintu masuk kawasa desa Nanggewer ini yang dibuat oleh warga. Semuanya berbahan bambu karena di desa kami bambu tidak harus beli tinggal ambil saja,” kata Yudi lagi.

Di kawasan tersebut terdapat lokasi wisata keluarga Cipatani yang sudah banyak dikunjungi warga di saat new normal ini. Bahkan di bagian atas Cipatani terdapat Curug yang masih perawan dan belum banyak diketahui wisatawan.

Tidak hanya itu, Nanggewer juga memiliki Pasir Gowong lokasi paralayang yang bisa dijadikan lokasi kemping keluarga. Dari ketinggian bisa melihat keindahan alam Tasik Utara dan kerlip lampu-lampu rumah warga bagai bintang-bintang di angkasa.

Kepala Desa Nanggewer, Endang Sunarli menyebutkan, Desa Nanggewer memiliki potensi alam yang luar biasa untuk dikembangkan menjadi desa wisata. Masyarakat juga mendukung langkah desa untuk menjadikan desa Nanggewer menjadi desa wisata.

“Masyarakat sudah bergerak melakukan penataan kawasan yang bisa dimanfaatkan untuk lokasi wisata. Target kami Nanggewer itu bisa menjadi desa wisata di Kabupaten Tasikmalaya,” katanya.

Kata dia banyak potensi alam yang sedang digali dan dikembangkan menjadi lokasi wisata. Yang sudah banyak dikunjungi kawasan sungai Cipatani dan Pasir Gowong.

Lokasi lain yang akan ditata yakni lokasi Curug Panyusupan di Kampung Pangkalan. Lokasinya masih sangat perawan dan di lokasi tersebut ada tiga air terjun dengan penorama alam yang luar biasa.

“Curug itu akan kita buka setelah desa memiliki anggaran. Dan pengembangan lokasi tersebut menjadi prioritas di desa kami,” kata Kepala desa dengan jumlah penduduk 6000 orang itu.***

—- Support KAPOL with subscribe, like, share, and comment —-
Youtube : https://www.youtube.com/c/kapoltv

Portal Web: https://kapol.tv
Twiter : https://twitter.com/kapoltv
Facebook : https://www.facebook.com/kabar.pol
Instagram : https://www.instagram.com/kapol_id
Portal Inside : https://kapol.id/