KANAL  

Kang Emil Kunjungi Tinewati, Ungkap Pola Pikir Warga Jabar Cenderung ke Rumah Sakit

Ridwan Kamil mengapresiasi Puskesmas Tinewati. Katanya, tempatnya bersih dan menyediakan ruangan untuk pasien Covid-19 bergejala ringan. (Foto: kapol.id/Amin R. Iskandar)

KAPOL.ID–Puskesmas Tinewati menjadi salah satu tujuan Ridwan Kamil, Gubernur Jawa Barat (Jabar), saat berkunjung ke Kabupaten Tasikmalaya, Rabu (20/1/2021).

Pria yang akrab disapa Kang Emil itu berkeliling Tinewati, sambil meninjau hampir semua fasilitas Puskesmas, sekaligus megonfirmasi sejumlah hal terkait Puskesmas.

Kang Emil mengaku terkesan dengan kondisi Puskesmas Tinewati. Katanya, Puskesmas Tinewati sangat baik, bersih, dan berhasil sebagai Puskesmas percontohan untuk wilayah Kabupaten Tasikmalaya.

“Kalau semua Puskesmas seperti Tinewati yang merawat pasien Covid-19 gejala ringan, maka beban di rumah sakit akan turun. Karena di Jawa Barat ini pola pikirnya semua pengen ke rumah sakit,” ujar Emil.

Pola pikir pasien Covid-19 yang selalu ingin dirawat di rumah sakit menjadi permasalahan tersendiri. Karena dapat mengakibatkan banyak orang positif Covid-19 bergejala berat tidak kebagian tempat isolasi serta perawatan yang selayaknya.

Emil mengemukakan sebuah peristiwa yang terjadi di Depok beberapa waktu lalu. Di mana ada seorang pengidap Covid-19 sampai meninggal di Taxi, karena rumah sakit telah penuh.

“Hal itu pelajaran juga, jangan sampai terjadi di Kabupaten Tasikmalaya. Jadi pakai konsep memindahkan pasien Covid-19 bergejala ringan ke tempat-tempat non rumah sakit,” katanya.

Emil juga menerangkan bahwa banyak pilihan tempat non rumah sakit yang dapat digunakan sebagai ruang isolasi. Antara lain Puskesmas, gedung negara, dan tempat-tempat lainnya.

“Saya mengapresiasi itu. Saya doakan dan kita ikhtiarkan agar fasilitas Puskesmas seperti paripurnanya Tinewati bisa dijadikan standar di seluruh Kabupaten Tasikmalaya,” Emil menandaskan.