Kang Emil: Semoga Ada Gagasan Besar dari PA GMNI, Pecahkan Soal Pandemi

  • Bagikan

KAPOL.ID – Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil berharap Kongres IV PA GMNI bertema “Nasionalisme Menjawab Tantangan Zaman”, yang diselenggarakan di Bandung, 6-8 Desember 2021, dapat melahirkan pemikiran atau ide-ide baru untuk memecahkan persoalan bangsa yang tengah dilanda pandemi Covid-19

“Ruh dari GMNI adalah marhaenisme yang sejarahnya ada di Bandung, juga nilai-nilai Soekarno yang luar biasa datangnya dari Bandung, kami berharap ada gagasan besar dari PA GMNI,” kata Emil, di Gedung Sate, Kota Bandung, Minggu 5 Desember 2021 (malam).

Gagasan besar ini diperlukan mengingat bangsa Indonesia tengah berada dalam masa sulit terdampak pandemi Covid-19 yang telah berlangsung hampir dua tahun.

Tak hanya itu, bangsa ini pun harus menghadapi tantangan revolusi industri 4.0.

“Mudah-mudahan ada rekomendasi atau gagasan besar, karena bangsa ini tengah berada di persimpangan jalan karena disrupsi covid, disrupsi teknologi, dan masalah sosial politik yang harus kita sikapi bersama,” tutur Emil.

Di kesempatan sama, Ketua Umum PA GMNI Ahmad Basarah menerangkan, pemilihan Bandung sebagai lokasi penyelenggaraan kongres bukan tanpa alasan.

Pasalnya, di wilayah ini lahir pemikiran-pemikiran besar untuk bangsa dari sosok bernama Bung Karno.

“Di Bandung inilah Bung Karno menyemai ide-ide nasionalisme dan marhaenismenya. Tak hanya itu, di sini juga Bung Karno meninggalkan warisan yang sangat berharga baik untuk Indonesia maupun dunia. Di Kota Bandung, Konferensi Asia Afrika pertama kali diselenggarakan, yang membuat Indonesia terkenal di mata dunia,” ujar Basarah.

Basarah yang juga Wakil Ketua MPR RI menekankan, bila GMNI bukan milik kelompok atau golongan tertentu, karena di dalamnya berasal dari berbagai macam partai maupun profesi.

Bahkan, GMNI telah menelurkan sejumlah tokoh yang berkontribusi besar kepada bangsa ini.

“Mudah-mudahan dengan tema yang kami besar yang kami bawa dan pokok pikiran maupun gagasan yang kami bahas, bisa melahirkan generasi-generasi hebat yang berkontribusi untuk bangsa ini,” ucap Basarah.

Kongres IV PA GMNI bakal diadakan secara hybrid atau luring maupun daring dibuka oleh Presiden Joko Widodo. ***

  • Bagikan