Karang Taruna dan Pemdes Simpang Gandeng BPSDA Kelola Wisata Air Situ Cibeureum

  • Bagikan
Pembersihan Situ Cibeureum Kabupaten Tasikmalaya dilakukan Karang Taruna sekitar.*

KAPOL.ID-
Situ Cibeureum, Desa Simpang, Kec. Bantarkalong, Kab. Tasikmalaya milik Badan Pengelola Sumber Daya Air (BPSDA) Provinsi Jawa Barat kini siap digarap Karang Taruna Dusun Cibeureum dan Pemdes Simpang.

Ketua Karang Taruna Dusun Cibeureum, Jaenudin menjelaskan bersama Pemdes Simpang dan BPSDA siap mengelola dan menata Situ Cibeureum menjadi wisata air yang menarik.

“Kami sepakat seluruh anggota Karang Taruna Cibeureum bekerjasama dengan Pemdes Simpang dan BPSDA membersihkan lahan sekitar 1 Ha,” jelas Jaenudin yang akrab disapa Uce.

Kedepan kata Uce, tak hanya dikelola oleh Kartar Cibeureum tapi kerjasama pula dengan Kartar Dusun Cimintar, Desa Sirnagalih.

Rencananya akan dilengkapi dengan fasilitas pendukung untuk memanjakan wisatawan.

Seperti saung kuliner, swafoto, spot pemancingan, tempat bermain anak-anak, joging track, agrowisata dan fasilitas pendukung lainnya.

Diapun berharap bisa bersinergi pengelolaannya dengan Pemdes Simpang dan BPSDA.

“Tentu saja kami memerlukan dana yang besar dan dukungan masyarakat untuk mengelola Situ Cibeureum perlu bantuan lembaga terkait kepariwisataan,” harapnya.

Pembina Pengelola Wisata Air Situ Cibeureum Agus Hilman, mengapresiasi dan sangat mendukung rencana Kartar Cibeureum dan Cimintar bersama Pemdes Simpang.

“BPSDA sudah memberikan izin untuk mengelola menjadi wisata air dengan syarat tidak mendirikan bangunan yang permanen,” jelas Agus disela pembersihan lahan di lokasi.

Ditempat yang sama Kades Simpang Budi, siap membantu dan menyambut baik semangat Karang Taruna Dusun Cibeureum dan Cimintar.

“Lokasinya sangat strategis berada di pinggir jalan provinsi akan menjadi suguhan wisata air baru yang menarik bagi wisatawan.”

“Dampaknya bisa meningkatkan ekonomi warga yang ada di sekitarnya,” harap Budi.***

  • Bagikan