KANAL  

Kasus Covid-19 di Sariwangi Bertambah, Sebarannya Meluas

Kepala Puskesmas Sariwangi, H. Dungani mengemukakan bahwa untuk penanganan warga terkonfirmasi positif Covid-19 di Desa-Kecamatan Sariwangi; pihaknya akan menunggu kebijakan Satgas Covid-19 tingkat kecamatan dan desa. (Foto: dok. Pribadi)

KAPOL.ID–Hasil swab antigen secara massal di GOR Desa-Kecamatan Sariwangi, Kabupaten Tasikmalaya sudah keluar. Kasus terkonfirmasi positif Covid-19 diketahui bertambah, sebarannya pun meluas.

Swab massal itu sendiri dilakukan Selasa (15/6/2021), menyusul swab dari rumah ke rumah sehari sebelumnya. Swab massal bertujuan menyasar orang yang kontak erat dengan warga sekitarnya yang lebih dulu terkonfirmasi positif Covid-19.

“Dari 112 orang itu, hasil pemeriksaan antigen Senin (14/6/2021, Red.) terkonfirmasi positif sebanyak 16 orang. Kemudian yang kemarin, juga terkonfirmasi positif sebanyak 16 orang,” terang Kepala Puskesmas Sariwangi, H. Dungani, Rabu (16/6/2021).

Di samping ada penambahan jumlah terkonfirmasi positif Covid-19, wilayah sebarannya juga meluas. Semula tersebar di dua kampung, kini menjadi tiga kampung. Yakni Kampung Bojongpetir, Kampung Kertasari, dan Kampung Pacet.

Karena itu, sejauh ini masing-masing warga menjalani isolasi mandiri. Pemerintah juga belum memberlakukan PPKM skala mikro. Sebab sejak masa pemberlakuan kebijakan PPKM berakhir, penanganan Covid-19 kembali ke RT Siaga masing-masing.

“Sekarang mereka sudah dilokalisir. Selama ini berdasarkan pemantauan kami dari Puskesmas, mereka dalam kondisi baik-baik saja. Cuma satu orang yang dirawat di RSUD SMC,” lanjutnya.

Dungani mengaku bahwa sejatinya pihak Puskesmas hampir setiap waktu menekankan kepada warga agar patuh menerapkan protokol kesehatan. Sosialisasi bahkan dilakukan sejak jauh-jauh hari sebelum pelaksanaan swab massal.

Sementara langkah selanjutnya, Dungani menunggu kebijakan dari Satgas Covid-19 tingkat kecamatan dan desa. Kalaupun mesti memberlakukan PPKM sekala mikro lagi, pihak Puskesmas siap menjalankan perannya sebagaimana mestinya.