Langkah PK KNPI Sukaresik Mewujudkan Sukaresik sebagai Kecamatan Literasi

KAPOL.ID – Pengurus Kecamatan Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Sukaresik Kabupaten Tasikmalaya menggelar acara talk show kebangsaan dengan mengangkat tema “Pemuda Membangun Desa” sebagai puncak dalam acara Gebyar Literasi.

Diselenggarakan sejak tanggal 5 – 15 Agustus 2020, Gebyar Literasi yang meliputi lomba menulis artikel dengan fokus bahasan literasi Sukaresik; deklamasi puisi dan aransemen lagu nasional. Ajang itu diikuti oleh siswa tingkat SMP, SMA dan mahasiswa di lingkungan Kecamatan Sukaresik.

Selain sebagai momentum kemerdekaan, Gebyar Literasi dan Talk Show Kebangsaan PK KNPI Sukaresik merupakan salah satu stimulus yang dilakukan oleh PK KNPI Sukaresik untuk mewujudkan Sukaresik sebagai Kecamatan Literasi di Kabupaten Tasikmalaya.

Ketua Pelaksana, Rijal Jirannda yang juga mengaewngi Bidang Penelitian Pengkajian dan Pengembangan Kepemudaan yang membidangi Literasi, menuturkan cita-cita membangun Sukaresik sebagai Kecamatan Literasi berjalan melampaui ekspektasi.

“Respon dan dukungan yang begitu besar menjadi salah satu pion untuk cita-cita tersebut. Lebih dari itu, konsistensi yang dijaga oleh rekan-rekan PK KNPI untuk menjaga alur menjadi pion yang tidak kalah penting. Ke depan, akan dibuat buku yang author-nya adalah kader-kader literasi dari setiap desa dan sekolah,’” katanya.

Diamini oleh Sekmat, Heri Herdiana, S. PT,. M.Si, dalam pembukaan Talk Show yang diselenggarakan pada tanggal 17 Agustus 2020 di Gedung Dakwah Islam Kecamatan Sukaresik, bahwa langkah-langkah yang dilakukan oleh KNPI dalam membangung Kecamatan Sukaresik sebagai Kecamatan Literasi menjadi salah satu pendorong Kepala Kecamatan menerima penghargaan sebagai Camat Inovatif di Kabupaten Tasikmalaya.

Sementara Ketua PK KNPI Sukaresik, Iqbal Sabiqul Aqdam mengatakan dengan diangkatnya tema “Pemuda Membangun Desa” merupakan ajakan kepada kaula muda untuk melihat dan mengembangkan potensi baik yang dimiliki oleh setiap desa sebagai bentuk nyata mengisi kemerdekaan di tengah kondisi negara yang penuh dengan PR.

Menghadirkan Pemuda Pelopor Kabupaten Tasikmalaya dan Wakil Ketua DPD KNPI Jawa Barat sebagai pemateri, serta Kepala Camat Sukaresik, Opan Sopyan sebagai keynote speaker, acara ditutup dengan memberikan penghargaan dan kenang-kenangan bagi kader Literasi Sukaresik serta Deklamasi Puisi yang ditampilkan oleh salah satu kader literasi. (Hikmah)