BUDAYA  

Lomba Jempana, Pemdes Lakukan Persiapan Serius

Lomba Jempana
Para peserta jempana memikul hasil kreativitasnya untuk dipertontonkan ke dewan juri dan masyarakat luas. (Foto: kapol.id/Amin R. Iskandar)

KAPOL.ID–Untuk mengikuti lomba jempana, pemerintah desa melakukan persiapan dengan serius. Walau bagaimanapun, setiap desa mau mempersembahkan kreativitas terbaiknya.

Lomba jempana sendiri berlangsung Selasa (26/7/2022). Halaman Setda Kabupaten Tasikmalaya jadi sangat meriah. Karena lomba tersebut salah satu rangkaian dari acara peringatan Hari Jadi ke-390 Kabupaten Tasikmalaya.

Kepala Desa Padawaras, Kecamatan Cipatujah, Yayan Siswandi adalah salah satu pihak yang mengemukakan keseriusannya mengikuti lomba jempana. Pihaknya bahkan sudah membuat jempana sejak dua hari sebelum waktunya tiba.

“Dua hari sebelum hari H kami sudah membuat jempana bersama teman-teman perangkat (desa, Red.). Karena memang sudah ada imbauan dari Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya,” terang Yayan.

Yayan juga mengaku bersyukur pada tahun ini pihaknya bisa mengikuti peringatan Hari Jadi ke-390 Kabupaten Tasikmalaya. Sampai-sampai semua perangkat desa dikerahkan untuk berangkat ke arena lomba.

“Dari Padawaras lumayan juga membawa jampana ini. Saya juga kebagian (mikul). Kalau terus dipanteng, kasian. Jadi, kami gantian.
Dari Padawaras 12 orang. Semua berangkat,” lanjutnya.

Selepas lomba, Yayan tidak bisa membawa pulang jempananya. Karena serbuan warga yang mengambil isinya telah membuat jempana hancur berantakan. Ia merelakannya.

“Memang rencananya juga sejak awal begitu, akan kami hibahkan. Tadi isinya itu hasil pertanian kaya pepaya, singkong, padi, buah naga, pete, sirsak, jagung, kacang tanah, tumpeng, jahe merah, lengkuas, dan lain-lain,” pungkas Yayan.

Support KAPOL with subscribe, like, share, and comment

Youtube : https://www.youtube.com/c/kapoltv

Portal Web : https://kapol.tv/
Portal Berita : https://kapol.id/
Facebook : https://www.facebook.com/kabar.pol
Twiter : https://twitter.com/kapoltv
Instagram : https://www.instagram.com/kapol_id