BUDAYA  

Warga Rebutan Isi Jempana, Bekasnya Berserakan

Jempana
Sampah bekas jempana berserakan di halaman Setda Kabupaten Tasikmalaya. (Foto: kapol.id/Amin R. Iskandar)

KAPOL.ID–Lomba jempana menjadi salah satu rangkaian acara peringatan Hari Jadi ke-390 Kabupaten Tasikmalaya. Penyelenggaraan lomba pada hari terakhir acara sekaligus puncak peringatan hari jadi, Selasa (26/7/2022). Warga antusias menonton.

Peserta lomba jempana adalah pemerintah desa sewilayah Kabupaten Tasikmalaya. Halaman depan sekretariat daerah (Setda) Kabupaten Tasikmalaya pun penuh dengan lautan manusia.

Ribuan warga Kabupaten Tasikmalaya seakan tumpah ke pusat Pemerintahan Kabupaten Tasikmalaya. Mereka sengaja datang untuk menonton lomba jempana.

Begitu jempana sudah melewati dewan juri, dalam arti telah selesai penilaian; warga langsung menyerbu jempana. Mereka rebutan mengambil isi jempana, baik makanan, hasil pertanian, maupun hasil kerajinan khas masing-masing desa.

Alhasil, hampir semua jempana rusak. Pemerintah desa tidak bisa membawa kembali jempananya. Bangkai jempana pun berserakan di lingkungan halaman Setda.

Salah seorang warga Sariwangi, Rohimah adalah salah seorang yang ikut rebutan isi jempana. Katanya, itu semata-mata untuk hiburan.

“Buat hiburan aja. Sampai tangan saya sakit-sakit, ikut rebutan. Alhamdulillah dapat banyak. Ada makanan, ada kerajinan dan sebagainya,” ujar Rohimah sambil tertawa.

Kepala Desa Padawaras, Yayan Siswandi mengakui kalau pihaknya tidak bisa lagi membawa jempananya. Padahal Pemdes Padawaras membuatnya lumayan lama.

“Jempana sudah tidak bisa kami bawa lagi. Sudah hancur berantakan. Warga tadi berbondong-bondong mengambil isinya. Ya, kita hibahkan saja. Memang rencananya juga sejak awal begitu,” ujar Yayan.

Support KAPOL with subscribe, like, share, and comment

Youtube : https://www.youtube.com/c/kapoltv

Portal Web : https://kapol.tv/
Portal Berita : https://kapol.id/
Facebook : https://www.facebook.com/kabar.pol
Twiter : https://twitter.com/kapoltv
Instagram : https://www.instagram.com/kapol_id