Connect with us

WISATA

Mansur Supriadi, Curug Dengdeng Itu Wisata Alam Bukan Wisata Air

|

Curug Dengdeng di desa Tawang Kecamatan Pancatengah suguhkan panorama alam yang memesona.

 

KAPOL.ID- Pesona alam yang disuguhkan Curug Dengdeng di Desa Tawang Kecamatan Pancatengah Kabupaten Tasikamlaya memang menggoda.

Tak heran jika Cudeng sebutan Curug Dengdeng belakangan ini menjadi buah bibir di kalangan masyarakat dan menjadi destinasi wisata alam yang wajib dikunjungi.

Hanya saja banyak masyarakat yang salah paham dan menganggap Curug Dengdeng sebagai obyek wisata air. Padahal sebagai obyek wisata alam.

Kepala Desa Tawang, Kecamatan Tawang, Mansur Supriadi mengakui jika saat ini banyak yang salah memahami dengan Curug Dengdeng. Karena berkaitan dengan air banyak yang menganggap Cudeng adalah lokasi Wisata air padahal bukan.

“Curug Dengdeng itu obyek wisata alam, yang dinikmati keindahan alamnya. Tapi masih banyak yang menganggap sebagai lokasi wisata air. Itu keliru,” kata Mansur.

Ia mengingatkan agar wisatawan paham dengan kondisi Curug Dengdeng. Jangan sampai abai terhadap rambu dan ketentuan yang ada di lokasi wisata.

Kalau wisata alam itu yang dinikmati alamnya, keindahannya. Bukan main di air nya. Dan kami di lokasi selalu mengingatkan wisatawan untuk tidak bermain air. Apalagi di lokasi yang berbahaya,” katanya.

Beberapa hari lalu, Curug Dengdeng menelan korban. Salah satu wisatawan meninggal setelah jatuh terpeleset saat sedang swapoto. Erwin (22) warga Cibalong, terjatuh dan ditemukan tim SAR sudah meninggal.

Mansur mengakui, korban saat itu berswa poto di lokasi yang tidak dibolehkan untuk dikunjungi wisatawan. Bahkan Korban bersama teman lainya ke lokasi terlarang tanpa sepengetahuan petugas.

“Di Curug Dengdeng itu ada lokasi yang tidak boleh di jamah atau di kunjungi wisatawan. Itu lokasinya di bawah dan kami meminta pada pengelola untuk mengingatkan wisatawan agar tidak ke lokasi di bawah,” katanya.

Adanya insiden tersebut kata Mansur, menjadi pelajaran berharga bagi pihak pengelola dan desa untuk terus mengawasi agar wisatawan tidak menjamah lokasi terlarang.

Karena masih banyak warga atau wisatawan yang salah paham akan Curug Dengdeng yang dianggap sebagai lokasi wisata air. Di Curug Dengdeng itu wisatawan bisa menikmati keindahan alam sambil menyantap liwet khas Curug Dengdeng.

“Yang kami sajikan di Curug Dengdeng itu keindahan alam dan kulinernya yakni liwet khas Curug Dengdeng yang melegenda dan nikmat,” katanya.

Saat ini kata Mansur pihak Desa terus melakukan pembenahan kawasan agar wisatawan nyaman dan aman saat berkunjung. Curug Dengdeng telah mencuri perhatian banyak warga dan tumbuh menjadi destinasi unggulan di Kabupaten Tasikmalaya.

Lokasinya yang tidak begitu jauh dari jalan Raya Cikatomas Tawang itu sangat mudah diakses oleh wisatawan. Apalagi akses jalan ke lokasi sudah diperbaiki dan mudah dilalui kendaraan.

Bahkan pesona Curug Dengdeng itu menjadi lokasi wisata Tasikamlaya yang masuk acara wisata televisi Nasional yakni My Trip My Adventure saat itu kondisi Curug Dengdeng benar-benar belum terjamah wisatawan.

Tak heran jika Cudeng saat ini tumbuh menjadi mesin penghasil uang bagi pemerintah desa dan menjadi lokasi wisata alam yang menarik perhatian wisatawan dan unggulan di Kabupaten Tasikmalaya.***

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Advertisement

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *