Masyarakat Nyalenghor Nangewer Sumringah, Saluran Irigasi Unan Dibangun

  • Bagikan
Masyarakat kampung Nyalenghor, Desa Nangewer sedang menyelesaikan program pembangunan irigasi Unen di wilayah tersebut. Dampak irigasi tersebut sangat besar dirasakan masyarakat, untuk mengairi sawah mereka. ***

KAPOL.ID-Masyarakat, Kampung Nyaenghor, Desa Nangewer, Kecamatan Pagerageung Kabupaten Tasikmalaya sumringah. Pasalnya jaringan irigas Unan yang ada di wilayah Nyalenghor kini diperbaiki.

Setidaknya pasokan air ke lokasi sawah masyarakat bisa lebih baik dari sebelumnya. Itu akan berdampak pada peningkatan hasil panen dan utamanya bisa mendongkrak kesejahteraan masyarakat.

Saluran irigasi  Unan di wilayah tersebut dibangun melalui program percepatan peningkatan tata guna air dari Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. Dan Kelompok Mitra Cai Mekar Buana salah satu kelompok yang mendapatkan program tersebut.

Kepala Wilayah Nyalenghor, Desa Nangewer, Ahmad Rahayu mengaku bersyukur bisa mendapatkan program pembangunan dan peningkatan jaringan irigasi Unan Nyalenghor, karena dampaknya akan sangat dirasakan masyarakat.

Sawah yang sebelumnya berubah menjadi kebun karena tidak ada pasokan air, kini bisa dijadikan sawah kembali. Warga bisa kembali menanam padi di sawah.

“Alhamdulillah, warga Nyalenghor sangat bersyukur jaringan irigasi di wilayah kami kini sedang diperbaiki. Ini akan memberi dampak positif bagi peningkatan panen di sawah, karena air akan mengalir dengan normal, ” katanyakatanya Rabu (15/9/2021).

Selain itu, kata dia, program tersebut juga bisa menjadi solusi bagi masyarakat mendapatkan pekerjaan di tengah situasi pandemi Covid-19  sekarang ini. Masyarakat terlibat langsung dalam proses pembangunan yang dikelola kelompok Mitra Cai Mekar Buana.

“Bisa dikatakan berkah bagi masyarakat Nyalenghor, saat pandemi seperti ini masyarakat bisa mendapatkan pekerjaan. Dan tidak semua daerah mendapatkan program seperti ini,” katanya.

Kepala Desa Nangewer,  Endang Sunarli mengatakan pihak desa terus berupaya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, utamanya yang bergerak di sektor pertanian.

Hal itu salah satunya bisa terwujud dengan adanya jaringan irigasi yang baik untuk mengairi sawah yang ada di wilayah Nangewer. Dan tahun ini wilayahnya dipercaya untuk mengelola program dari Kementrian PUPR.

“Kita terus berusaha agar saluran irigasi di wilayah Nangewer kondisinya baik agar air bisa dengan normal mengalir ke sawah dan kolam warga. Kami berharap kesejahteraan masyarakat bisa meningkat,” katanya.

Dibangunnya saliran irigasi Unan di wilaya Nyalenghor akan mendongkrak ekonomi masyarakat utamanya para petani dan terwujudnya kedaulatan pangan. Dengan pasokan air yang lancar hasil panen warga bisa melimpah dan sawah bisa diolah setiap saat tidak lagi menunggu musim hujan saja.

Sementara itu Kementrian PUPR terus menggenjot program Program Padat Karya Tunai (PKT) melalui Percepatan Peningkatan Tata Guna Air Irigasi (P3-TGAI) agar kedaulatan pangan bisa tercapai.

Di samping itu juga program tersebut juga bisa membangkitkan ekonomi masyarakat di tengah pandemi. Karena pelaksanaannya dilakukan sepenuhnya oleh masyarakat.

Pada tahun 2021, pelaksanaan P3-TGAI menjangkau 12.000 lokasi dengan total anggaran Rp 2,70 triliun atau naik dari TA 2020 sebesar Rp 2,25 triliun. ***

  • Bagikan