Meneropong Hilal dari Pantai Sindangkerta

  • Bagikan
Teleskop canggih digunakan oleh Badan Rukyat dan Hisab Kemenag Kabupaten Tasikmalaya untuk meneropong hilal di pantai Sindangkerta, Pangandaran.

KAPOL.ID–Atas pertimbangan cuaca cerah, Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Tasikmalaya memilih pantai Sindangkerta, Cipatujah sebagai lokasi meneropong hilal, Selasa (11/5/2021).

Pemilihan lokasi untuk menentukan tanggal 1 Syawal 1442 H tersebut berbeda dengan saat meneropong hilal untuk memastikan tanggal 1 Ramadan 1442 H. Satu bulan lalu, Kemenag meneropong hilal dari pantai Pangandaran.

Kasubag TU Kantor Kemenag Kabupaten Tasikmalaya, Suryana mengemukakan bahwa kegiatan tersebut sesuai intruksi dan surat edaran Kemenag RI, melalui Kantor Kemenag Wilayah Provinsi Jawa Barat.

Adapun yang bertanggung jawab meneropong hilal adalah Badan Rukyat dan Hisab Kantor Kemenag Kabupaten Tasikmalaya. Tim yang terdiri atas delapan orang (termasuk perwakilan Ormas Keagamaan, MUI, Baznas, dan aparat keamanan) itu membawa dua unit teleskop canggih.

“Pantai Sindangkerta ini selain lokasinya lebih terjangkau, cuaca di sini juga sering kali cerah. Sehingga pemantauan hilal akan lebih mudah. Karena itulah kami memilihnya sebagai lokasi meneropong hilal,” terang Suryana.

Di samping menggunakan metode rukyatul hilal (meneropong bulan), lanjut Suryana, sejatinya untuk menentukan tanggal 1 bulan pada tahun Hijriyah bisa juga menggunakan metode falaqiah dan hisab.

Sekalipun demikian, Kantor Kemenag Kabupaten Tasikmalaya selalu menggunakan multimetode. Salah satunya metode rukyatul hilal. Kemenag sendiri biasa melakukannya di tiga tempat: pantai Cipatujah, Cikalong, dan Pangandaran.

“Sebagaimana sudah menjadi ketentuan, bahwa hasil pengamatan hilal ini kami laporkan langsung kepada Kementrian Agama RI, sebagai bahan pertimbangan penentuan Hari Raya Idulfitri,” pungkas Suryana.

  • Bagikan