Menjelang Iduladha PMII Ciamis Bagi-bagi Kantong Ramling

  • Bagikan
PC PMII Kabupaten Ciamis penggunaan mengampanyekan kantong ramah lingkungan yang mudah terurai untuk membagikan hewan kurban.

KAPOL.ID – Menjelang Iduladha, PC PMII Ciamis berinisiatif membagikan kantong ramah lingkungan (Ramling) kepada Dewan Kemakmuran Masjid, Sabtu (17/7/2020).

Menurut Ketua PC PMII Ciamis, Irsal Muhammad, panitia penyembelihan hewan kurban diharapkan sudah tidak menggunakan lagi kantong plastik biasa (kresek).

“Kantong kresek biasa saat ini memang sudah sangat tidak direkomendasikan untuk dipergunakan, karena membutihkan waktu yang sangat lama untuk dapat terurai,” katanya.

Kegiatan ini, menurutnya, dilaksanakan dalam rangka mendukung Peraturan Bupati No. 27 tahun 2021, tentang ‘Pengurangan Penggunaan Kantong Plastik’.

Sedikitnya 100 pak kantong plastik ramah lingkungan (RAMLING) dibagikan ke DKM-DKM di beberapa daerah di Ciamis, salah satunya Masjid Nurul Falah Citutut, Masjid Al-Hidayah Dewasari, Masjid Nurul Huda Pamalayan, Masjid Al-Istikhoriyah Cijeungjing, Masjid Al-Anwar Utama, dan Masjid Baitul Mu’minin Cihideung.

“Sadar atau tidak jumlah sampah plastik yang semakin melimpah bukan kabar berkah bagi kita, apalagi sebagian besar bahan sisa tersebut belum terurai atau belum bisa didaur ulang untuk produk baru, dan ujung-ujungnya hanya menjadi preseden buruk bagi lingkungan,” kata Irsan.

Ketergantungan pada plastik sebenarnya bisa saja diubah dengan berbagai macam cara. Menurut Irsan salah satunya dengan mulai beralih pada penggunaan kantong yang ramah lingkungan atau cepat terurai.

“Ikhtiar mengurangi penumpukan dan polusi plastik yang mencemari lingkungan kita,” ujarnya menandaskan.

  • Bagikan