Connect with us

PESANTREN

Pansus Perda Pesantren Kunjungi Ponpes Cipasung dan Miftahul Huda

|

Tim Pansus Perda Pesantren DPRD Jabar bersama Pimpinan Pesantren Miftahul Huda di Manonjaya. Pansus terus kebut penyelesaian perda pesantren***

 

KAPOL.ID- Panitia Khusus Rancangan peraturan daerah (Ranperda) Tentang Penyelenggaraan Pesantren atau Perda Pesantren mengunjungi ponpes Cipasung Singaparna dan Ponpes Miftahul Huda Manonjaya Kamis (18/6/2020).

Kunjungan para anggota DPRD Jawa Barat tersebut untuk membahas dan menampung masukan dari kalangan pesantren agar perda yang dibuat sesuai dengan apa yang diinginkan pihak pesantren.

Rombongan tim pansus yang terdiri dari 21 Anggota DPRD Jabar itu disabut pimpinan pondok pesantren. Di Cipasung kedatangan mereka disambut pimpinan pesantren KH A Bunyamin Ruhiat. Dan di Ponpes Miftahul Huda disambut KH Abdul Aziz Affandi.

“Alhamdulillah bisa bersilaturahmi dengan pimpinan pesantren besar di Kabupaten Tasikmalaya yakni Pesantren Cipasung dan Miftahul Huda Manonjaya. Kita semua mendapatkan masukan yang luar biasa,” kata Wakil Ketua Pansus Ranperda Penyelenggaraan Pesantren Ali Rasyid.

Sebelumnya tim pansus juga berkunjung ke Pesantren Persis Rancabango Garut, Pesantren Darul Arqam Garut, Pesantren Faujan Garut. Pesantren Qorrota ayun Samarang Garut, pontren Al-Huda Tarogong Garut, Pontren Assaadah Limbangan Garut dan MUI Kabupaten Garut.

Ali mengatakan tim pansus banyak mendapatkan masukan luar biasa dari para pimpinan pesantren yang dikunjungi. Pihak pesantren membahas ayat demi ayat dalam ranperda tersebut. Bahkan ada salah satu bab yang harus dihapus karena mengganggu independensi pesantren.

Tim pansus ranperda penyelenggaraan pesantren bekerja secara maraton untuk bersilaturahmi dengan kalangan pesantren di Jawa Barat.

Pesantren yang dikunjungi lebih awal antara lain Pondok pesantren Baitul Arqom Kabupaten Bandung. Ponpes Babakan Assalafie Ciwaringin Cirebon. Ponpes Candangpinggan Kab. Indramayu. Pondok Pesantren Al Masthuriyah Kabupaten Sukabumi. Pondok Pesantren dan
Syamsul Ulum Kota Sukabumi.

Di Jawa Barat sendiri ada 12 ribu pesantren yang tersebar di semua Kota dan Kabupaten dan memiliki kifrah yang luar biasa dalam membangun moral generasi bangsa.***

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Advertisement

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *