Pemkab Tasik Segera Terbitkan Perbup Kawasan Tanpa Asap Rokok

  • Bagikan
Ilustrasi

KAPOL.ID—Plt. Kabag Hukum Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tasikmalaya, Nugraha P memastikan bahwa pihaknya sedang menyiapkan Peraturan Bupati (Perbup) tentang Kawasan Tanpa Asap Rokok.

Sejauh ini, dari 27 kabupaten/kota di Jawa Barat tinggal Kabupaten Tasikmalaya yang belum memiliki Perbup apalagi Perda tentang Kawasan Tanpa Asap Rokok. Beberapa waktu lalu, DPRD melalui Wakil Ketua Apip Ifan Permadi mendesak Pemkab menerbitkan regulasi terkait.

“Sedang diproses Perbupnya, mudah-mudahan tahun ini terbit. Itu kan leading sektornya Dinas Kesehatan. Nah, kami sedang berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan,” ujar Nugraha, Rabu (8/9/2021).

Kabupaten Tasik Belum Punya Regulasi Kawasan Tanpa Rokok, DPRD Mendorong Pemda Terbitkan Perbup

Meski belum memiliki Perbup dan Perda, Nugraha juga menginformasikan bahwa sebenarnya Pemkab Tasikmalaya sudah menerbitkan keputusan yang terkait. Namun sifatnya masih terbatas di beberapa institusi.

“Itu sudah berjalan sebenarnya kalau secara praktik. Di beberapa tempat atau di seluruh kabupaten, sudah. Cuma secara formal kita punya aturannya, hanya baru keputusan, belum sampai Perbup apalagi Perda yang detil,” lanjutnya.

Nugraha mencontohkan bahwa di setiap instansi Pemda merupakan daerah yang diperbolehkan merokok. Di samping itu sudah ada juga penyediaan tempat khusus bagi perokok.

“Tahun ini baru Perbup. Tahun depan mungkin akan menjadi inisiatif dewan terkait Perda tentang Kawasan Tanpa Rokok,” Nugraha menandaskan.

  • Bagikan