Penerima Bantuan di Desa Banyuasih Ditempel Stiker Bertuliskan Keluarga Prasejahtera

KAPOL.ID- Ratusan rumah warga penerima manfaat bantuan Program keluarga harapan (PKH) dan bantuan pangan non tunai (BPNT) di Desa Banyuasih, Kecamatan Taraju menempel stiker bertuliskan keluarga prasejahtera.

Hal itu dilakukan agar tidak terjadi adanya data ganda. Dan juga sebagai bentuk transfaransi dalam menyalurkan bantuan yang diberikan pemerintah kepada masyarakat.

Dalam kegiatan pemasangan tersebut, pihak desa mendatangi rumah-rumah warga yang terdaftar sebagai penerima progran PKH dan BPNT. Pemasangan stiker tersebut juga didampingi TKSK, pendamping PKH desa, Babinkantibmas dan Babinsa koramil 1221 Taraju.

Kepala Desa Banyuasih, Suhernan mengatakan pemasangan lebel atau stiker ini sebagai tanda atau pembeda , bahwa rumah tersebut ssbagai penerima bantuan pemerintah berupa program PKH atau BPNT.

“Maka dengan adanya tanda label atau stiker ini akan memudahkan petugas untuk mendata keluarga yang benar -benar layak mendapatkan bantuan PKH atau BPNT dan tepat sasaran,” katanya.

Di Desa Banyuasih sendiri warga penerima manfaat program PKH dan BPNT sebanyak 538 KPM yang tersebar di 28 RT.

Untuk biaya pembuatan stiker tersebut, pihak Desa Banyuasih menggunakan anggaran dari kas Desa. Karena dari pihak kemensos juga dinas sosial tidak ada anggaran khusus ke pemerintahan desa untu pembuatan stiker.

Kapolsek Tarahu Iptu H Agus Irianto. SH, Mengapresiasi pemasangan stiker oleh pihak desa di rumah warga peserta penerima bantuan sosial dari pemerintah berupa PKH atau BPNT. Sehingga warga mengetahui dan dapat mengontrol terhadap program pemerintah tersebut.

“Dengan penempelan stiker pada perima bantuan tersebut dapat menekan terjadinya penyimpangan atau bantuan tidak tepat sasaran. Sekaligus memantau langsung kondisi rumah penerima PKH atau BPNT,” ucapnya.

Pedamping PKH Desa Banyuasih, Rani Wulandari menjelaskan dari 9 Desa yang ada di Kecamatan Taraju baru desa Banyuasih yang telah melakukan pemasangan stiker di rumah KPM Penerima prgram PKH dan BPNT.

“Dan sanksi bagi KPM yang sengaja menutup atau mencopot stiker dianggap mengundurkan diri sebagai penerima bantuan,” katanya. (Abdul Jalal)***

—- Support KAPOL with subscribe, like, share, and comment —-
Youtube : https://www.youtube.com/c/kapoltv

Portal Web: https://kapol.tv
Twiter : https://twitter.com/kapoltv
Facebook : https://www.facebook.com/kabar.pol
Instagram : https://www.instagram.com/kapol_id
Portal Inside : https://kapol.id/