SOSIAL  

Perempuan Bisa Menjadi Aktor Panggung Digital

Ipa
Direktur Taman Jingga, Ipa Falihah

KAPOL.ID – Direktur Taman Jingga, Ipa Zumrotul Falihah, memandang perempuan mesti cakap menghadapi era digital. Menurutnya, era digital sudah tidak bisa ditawar lagi.

“Era digital adalah suatu era atau zaman yang sudah mengalami kondisi perkembangan kemajuan dalam ranah kehidupan ke arah yang serba digital,” katanya saat Talkshow #TasikmalayaMakinCakapDigital, di kafe Move On Tasikmalaya, Sabtu (4/6/2022).

Rangkaian acara itu diinisiasi oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia, Suara.com, Kapol.id, ICT Watch, Taman Jingga, Harian Rakyat, serta Pemkot Tasikmalaya, Jawa Barat.

Pematik yang dihadirkan, yakni Neni Nur Hayati, Direktur DEEP Indonesia, Ipa Zumrotal Falilah, Direktur Taman Jingga serta Asep Saefullah, Media Development Specialist Suara.com

Ipa mengatakan tidak sedikit hasil kajian yang menyebutkan perempuan masih tergolong kelompok rentan yang sering mengalami berbagai masalah, ketimpangan seperti kemiskinan, bencana alam, konflik, kekerasan, dan sebagainya. Hal itu tidak hanya terjadi di Indonesia, tetapi juga di negara-negara lain di seluruh dunia.

“Meski di era emansipasi seperti sekarang, perempuan masih ada yang dianggap sebagai kelas kedua (subordinat) sehingga mereka tidak memperoleh persamaan hak dengan laki-laki. Perempuan dinilai hanya mampu dalam melaksanakan pekerjaan yang berkaitan dengan urusan rumah tangga ( domestik),” katanya.

Padahal kenyataanya, menurut dia, perempuan bisa menjadi aktor strategis di dalam pembangunan tidak hanya untuk kemajuan dirinya sendiri atau untuk keluarganya, akan tetapi dapat berkontribusi terhadap pembangunan secara nasional turut serta dalam memajukan negara yang dapat mengubah kehidupan masyarakat Indonesia menjadi lebih baik dan sejahtera

Era digital yang berlangsung saat ini memang telah mengubah tatanan hidup dan mempengaruhi lini kehidupan manusia. Banyak perempuan yang aktif menggunakan internet dalam bermedia sosial juga media lainnya  untuk urusan kehidupan sehari-hari. Dengan adanya internet, perempuan harus bisa beradaptasi, dituntut cakap menguasai teknologi, cakap digital tentu dengan sikap yang bijak dan benar