PPDB, SMAN 4 Kota Tasik Tampung 340 Siswa Baru

  • Bagikan
Kepala SMAN 4 Kota Tasikmalaya, Drs Dadan Ahmad Sofyan MPd duduk bersama guru lainya di halaman ruang kelas. Pada PPDB tahun ini SMAN 4 Kota Tasikmalaya siap tampung 340 siswa baru***

KAPOL. ID- Pada penerimaan peserta didik baru (PPDB) tahun 2021 ini, SMA Negeri 4 Kota Tasikmalaya menyiapkan kuota untuk 340 siswa. Hal itu disesuaikan dengan kesiapan di sekolah.

Kepala SMA Negeri 4 Kota Tasikmalaya, Dadan Ahmad Sofyan MPd mengatakan kemampuan daya tampung sekolah untuk siswa baru hanya 340 siswa saja.

“Untuk tahun ajaran baru tahun ini, kami menyiapkan 340 siswa saja. Itu sesuai dengan daya tampung siswa di sekolah, ” katanya Kamis (10/6/2021).

Untuk pendaftaran siswa baru sendiri sudah dibuka sejak tanggal 7 Juni lalu dan akan berakhir pada tanggal 11 Juni untuk tahap pertama. Sama dengan sekolah lainya pendaftaran dilakukan secara online.

Sedangkan untuk tahap kedua akan kembali dibuka pada tanggal 25 Juni sampai tanggal 1 Juli. Itu sesuai dengan jadwal yang ditetapkan oleh Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat.

Untuk tahap awal, pendaftaran siswa baru dibukan untuk jalur perpindahan orang tua, anak guru, jalur prestasi kejuaraan di berbagai bidang termasuk kekuatan olah raga, jalur prestasi nilai raport dan untuk kelompok ekonomi tidak mampu.

“Khusus untuk kuota nilai raport dan kelompok ekonomi tidak mampu sudah terpenuhi. Sedangkan untuk jalur prestasi kejuaraan masih sangat sedikit, ” katanya.

Untuk kuota kelompok ekonomi tidak mampu pihak sekolah menyiapkan 60 siswa. Untuk prestasi raport sebanyak 51 siswa dan jalur prestasi kejuaraan sebanyak 34 siswa.

Hingga Kamis (10/6/2021) siang jumlah siswa yang mendaftar sudah mencapai 290 siswa dari berbagai daerah di Tasikmalaya termasuk dari Kabupaten Tasikmalaya.

Dadan mengatakan untuk kuota yang pada pendaftaran tahap pertama tidak terisi akan ditambahkan pada kuota yang dibuka pada tahap ke dua nanti.

Sedangkan untuk pendaftaran tahap kedua nantinya dikhususkan untuk jalur zonasi atau siswa yang lokasi rumahnya dekat dengan lingkungan sekolah.

Biasanya di akhir pembukaan PPDB kerap terjadi penumpukan siswa yang mendaftar. Bahkan tahun lalu saja jumlah siswa yang mendaftar lebih dari 800 an siswa. Dan yang ditampung kurang dari setengahnya.

“Semoga saja di tahun mendatangkan jumlah siswa yang diterima di sekolah bisa lebih banyak lagi. Kami terus berusaha agar ruang kelas bisa bertambah, ” katanya. ***

 

  • Bagikan