PPKM Darurat: Jangan Melulu Menyalahkan Masyarakat

  • Bagikan
Kepala Bidang Pengembangan Profesi Perhimpunan Ahli Epidemiologi Indonesia (PAEI), Madalina Pane. [suara.com]

KAPOL.ID – Berbagai kritik perihal pengendalian pandemi Covid-19 dengan fase kebijakan PPKM Darurat yang masih berjalan, terus bermunculan. Terutama terkait kebijakan dan langkah penanganan yang dijalankan pemerintah.

Termasuk di antaranya dari kalangan epidemiolog atau ahli epidemiologi, antara lain seperti yang beberapa kali disuarakan oleh Masdalina Pane.

Di berbagai forum, Kepala Bidang Pengembangan Profesi Perhimpunan Ahli Epidemiologi Indonesia (PAEI) ini menyampaikan kritikan sekaligus masukan terutama kepada pemerintah dan Satgas Covid-19 tentang beberapa aspek yang keliru atau terabaikan dalam upaya pengendalian.

Selain menegaskan bahwa yang paling mendasar adalah pemerintah harusnya jangan sampai salah dalam membuat aturan atau kebijakan di atas kertas, Masdalina Pane juga mengkritisi kecenderungan menyalahkan masyarakat yang tidak disiplin sebagai penyebab masih melonjaknya angka kasus Covid.

Beberapa waktu lalu, peraih gelar doktor atau PhD di bidang Epidemiologi dari Universitas Indonesia, pun sempat memberikan pemaparan sekaligus berbincang dalam sebuah diskusi online (FGD) yang diselenggarakan oleh suara.com.

Simak wawancara selengkapnya di tautan ini: Wawancara Epidemiolog Masdalina Pane

  • Bagikan