Reses, Herman Habibullah: Perda Pesantren Gelorakan Potensi Santri

KAPOL.ID – Kegiatan Reses hari kedua Herman Habibullah, bekerjasama dengan Koordinator Pusat Jaringan Gus Iwan – SimaC (Gerakan Santri Wirausahawan – Santri Millenial Centre).

Diketahui, SimaC merupakan
bentukan Gus Syauqi Putra Bapak Wapres RI, KH Ma’ruf Amin yang juga menggelar kegiatan sosialisasi Program Pusat Jaringan Gus Iwan – SimaC (gerakan Santri Wirausahawan – Santri Milenial Centre) dan Launching Kopi Abah.

“Upaya membangun kesadaran wirausaha bagi santri penting mengingat pemerintah hari ini sudah membuat regulasi yang sangat akomodatif terkait pemberdayaan pesantren. Saya menafsirkan bahwa pemberdayaan ini salah satunya adalah bidang ekonomi,” ucap Herman.

Berkaca dari itu, kegiatan reses tersebut mengundang santri dan alumni ponpes yang sudah memiliki kegiatan usaha.

Tujuannya, utuk bersama-sama menggerakan usaha sesuai potensi yang dimiliki.

“Ada banyak program yang ditawarkan melalui Jaringan Gus Iwan ini diantaranya, Agro, UMKM, Jasa dan Digital Teknologi,” tutur dia.

Sosialisasi ini bertujuan memetakan potensi demi terbentuknya wadah santri milenial bidang usaha, mendorong generasi dalam pendidikan, kewirausahaan, sosial dan keagamaan agar terbentuk kreatifitas dan kewirausahan pada segmen santri milenial.

“Mudah-mudahan raperda pesantren di sumedang sesuai jadwal akhir desember ini di sahkan dan kita sudah menyiapkan wadah ekonomi dan Gus Iwan – SimaC siap bekerja sama dengan pemda serta pihak manapun untuk memajukan ekonomi bukan hanya dikalangan santri dan ponpes tetapi seluruh lapisan masyarakat,” ucap Herman yang dipercaya memegang Koordinator daerah gus Iwan – SimaC Kabupaten Sumedang.

Tampak hadir, KH Idad Isti’dad Ketua PCNU Kab Sumedang, beliau mengapresiasi kegitan Reses yang dilaksanakan oleh Herman Habibullah dalam pemerintah dalam upaya pemulihan ekonomi.

Menurutnya, dampak Covid-19 sangat memukul semua pihak.

“Maka, kegiatan ini sangat tepat apalagi saya pun alumni pesantren. Sehingga, saya sangat mendorong agar kegiatan ini bisa lakukan di seluruh kecamatan di Kabupaten Sumedang,” ujar Herman. ***