Connect with us

WISATA

Ridwan Kamil, Penerapan ‘New Normal’ di Pangandaran Patut Dicontoh

|

Gubernur Jawa Barat, H. Ridwan Kamil meninjau destinasi wisata Pangandaran, Kamis (11/6/2020). (Courtesy: Pangandaran Tourism)

KAPOL.ID – Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, mengapresiasi langkah Pemkab Pangandaran menerapkan Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB).

“Kalau saya nilai keseluruhan misal 10 saya nilai 8 dan mudah-mudahan itu menjadi contoh untuk Provinsi Jabar,” kata Kang Emil, sapaan akrabnya, Kamis (11/6/2020), seusai meninjau beberapa titik keramaian di Pangandaran.

“Kita fokus dulu zona biru, protokol perdagangan, antrean di pusat keramaian dan pemakaian masker. Ini merupakan apresiasi saya untuk Kabuoaten Pangandaran,” katanya.

Menurutnya, di tengah situasi pandemik Covid-19, daerah zona biru yang akan menerapkan AKB harus dicermati dan dicek kesiapannya.

“Pangandaran masuk kategori zona biru. Maka dipersilakan melaksanakan kegiatan 90% sisanya 10% adalah pendidikan yang masih dipending,” ujar Kang Emil.

Kelebihan Pangandaran, menurut dia, adalah kedisiplinan dan ketegasan aturan dari Bupati dan Forkopimda. Di antaranya orang bukan dari Prov. Jabar sementara tidak boleh masuk.

“Ini yang paling tegas yang datang ke Pantai Barat maupun Timur Pangandaran harus menunjukan hasil rapid test,” ujarnya.

Kondisi hotel pun, kata Ridwan Kamil, sudah ikut aturan. Setiap unit usaha yang ingin membuka kegiatan harus ada surat permohonan ke pemerintah lokal (Pemkab).

“Saya cek restorannya sudah mengurangi kapasitas 30% dengan jarak antar meja 1,5 m dan mengambil makananan tidak boleh oleh pengunjung,” katanya.

Gubernur tiba di lapangan Sepak Bola Desa Wonoharjo, Kab Pangandaran didampingi Komandan Lanud Husein Sastranegara Kolonel Pnb Bonang Bayuaji, G. S. E., M. M menggunakan Hally EC 120B Colibri l.

Kedatangannya disambut Bupati Pangandaran, H. Jeje Wiradinata beserta jajaran. Tampak hadir H. Adang Hadari (Wakil Bupati Pangandaran), Drs. Kusdiana, MM (Sekda Pangandaran), Asep Nurdin (Ketua DPRD Kab. Pangandaran), Rida Nirwanan (Asda I Kab. Pangandaran), U. Saefulrohman (Kadisparbud Kab. Pangandaran).

Hadir juga drg. Yani Marzuki (Kadis Kesehatan Kab. Pangandaran), Agus Savana (Ketua PHRI Kab. Pangandaran), Drs. Dedi Taufik (Kadisparbud Prov. Jabar), AKBP Dony Eka Putra, S.I.K (Kapolres Ciamis), Letkol Arm. Reza Nur Patria, M.SI, Han (Dandim Ciamis), dan Letkol Pnb Ali Sudirman Pasaribu, S.H (Danlanud Wiriadinata)

Gubernur meninjau RSUD Pandega Pangandaran, Pos PMI (sekitar Masjid Agung Pangandaran), dilanjutkan ke pintu Tol Gate Pariwisata. Lalu menuju Hotel Arnawa Jl. Bulak laut No. 12 Pangandaran.

Lalu meninggalkan Plasa Pantai Timur Pangandaran menuju ke pusat belanja Nanjungsari dan sentral kuliner, Kampung Turis Jl. Pamugaran.

Selanjutnya meninjau Terminal Pangandaran, kemudian kembali ke lapangan Wonoharjo. Gubernur dan rombongan melanjutkan perjalanan ke Desa Samida dan Desa Selaawi, Kabupaten Garut.

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Advertisement

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *