Terhubung dengan KAPOL

SOSIAL

RK Dukung Kebijakan Pusat Ikhwal Wacana Pemulangan Eks-ISIS

|

Ridwan Kamil | @ridwankamil

KAPOL.ID – Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil mengaku belum menerima arahan tentang rencana pemulangan WNI mantan Islamic State of Iraq and Suriah (ISIS) ke tanah air.

Isu itu mengemuka baru-baru ini. Ada wacana pemerintah bersama Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) telah mendata ada 600 WNI yang sempat bergabung dengan ISIS di Timur Tengah.

Ridwan Kamil menegaskan pemerintah daerah tidak memiliki kebijakan khusus terkait permasalahan WNI yang ada di luar negeri. Kendati begitu, RK — sapaan akrabnya — mendukung kebijakan pemerintah pusat.

“Saya berharap WNI yang sempat terjebak dalam organisasi teroris di luar negeri bisa kembali pulang ke tanah air. Lalu, bisa memulai hidup baru dengan ideologi Pancasila yang dianut bersama-sama membangun negeri ini,” katanya Kamis (6/2/2020) di Gedong Sate.

Berdasarkan data dari BNPT, di antaranya ada warga Bandung dan daerah lain di Jawa Barat, eks-ISIS yang ingin kembali ke Indonesia. Keinginan tersebut sejalan dengan wacana pemerintah untuk memulangkan WNI eks-ISIS dari Suriah.

Diskusikan di Facebook

Silakan mengirim pesan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *