Satu Bayi Temuan, Dua Perempuan Mengaku Ibu Kandungnya

  • Bagikan
Penyerahan bayi temuan dari Dinas Sosial Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Pangandaran kepada PSPA.

KAPOL.ID—Warga Kalipucang Pangandaran menemukan seorang bayi di Masjid Al-Ikhlas. Masjid tersebut tepatnya terlerak di Dusun Empangsari Rt. 004 Rw. 006, Desa dan Kecamatan Kalipuang, Kabupaten Pangandaran.

Informasi terkait penemuan bayi berjenis kelamin perempuan itu tersiar luas melaluli media sosial. Perkaranya sendiri ditangani oleh Polsek Kalipucang dan Dinas Sosial Kabupaten Tasikmalaya.

Pada Kamis (16/9/2021) seorang perempuan asal Dusun Layansari, Desa Layansari, Kecamatan Gandrungmangu, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah mendatangi Polsek Kalipicung. Dirinya mengaku sebagai ibu kandung sang bayi.

Selang beberapa hari, muncul lagi seorang perempuan yang mengaku ibu kandung sayang bayi. Perempuan ini merupakan warga lokal Pangandaran. Tetapi dirinya tidak mendatangi kantor Polisi.

“Perempuan berinisial N (20) asal Jawa Tengah mengaku bahwa bayi tersebut adalah anaknya hasil dari hubungan di luar nikah,” terang Kapolsek Kalipucang, Iptu Iman Sudirman, Rabu (15/9/2021).

Pihak kepolisian, lanjut Iman, tidak akan gegabah dalam menyikapi pengakuan dua orang perempuan tadi. Pihaknya tetap akan menempuh tahapan yang berlaku sesuai aturan.

Salah satu tahapannya adalah melakukan pemeriksaan terhadap perempuan asal Cilacap, Jawa Tengah. Prosesnya baru penyelidikan, belum penyidikan. Kewenangan pihak kepolisian menangani perkara tersebut selama tiga bulan sepuluh hari.

“Perempuan warga Cilacap itu datang bertiga, didampingi bapaknya dan seorang pria yang merupakan pacarnya sekaligus calon suaminya,” lanjutnya, sebagaimana dikutip https://kabarpangandaran.com/.

Sang bayi kini dalam perawatan Pekerja Sosial Perlindungan Anak (PSPA) Kemensos RI wilayah Pangandaran. Dinas Sosial Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Pangandaran yang menyerahkannya.

“Penyerahan didampingi Pekerja Sosial Perlindungan Anak dan Bidan. Pemberangkatan bayi dari Puskesmas Kalipucang sejak pukul 07.00 WIB. Kondisi fisiknya sehat dan tidak ada keluhan apa pun,” ungkap Harti dari RPSAB Jabar.

  • Bagikan