oleh

Sedikitnya 40 Organisasi Pemuda Bisik-bisik Rencana di Kantor Bank Sampah Ciamis

KAPOL.ID – Meskipun World Cleanup Day (WCD) 2020 menyisakan waktu sepekan lagi, namun persiapan 40 organisasi pemuda di Kabupaten Ciamis terus digelorakan.

Mereka berembuk di Aula Kantor Bank Sampah Ciamis, Jumat (11/9/2020). Digawangi Nizar Ahsanal Mubarok mematangkan konsep dan teknis detil pelaksanaan WCD 2020.

Menurut Nizar, WCD tahun ini bakal diisi dua kegiatan. Pertama aksi “beberesih di lembur” alias cleanup. Kedua pilah sampah dari rumah.

Menurutnya, lokasi titik kumpul pertama dilaksanakan di kelurahan Benteng, serentak diikuti dengan gerakan WCD di regional masing-masing di wilayah Ciamis.

“Acara tersebut akan di Hadiri DR. H. Herdiat (Bupati Ciamis), Kepala Dinas DPRKPLH DR. H Taufik Gumelar ST MM, dan tokoh masyarakat lainnya,” ujar Nizar.

“Aksi cleanup ini berjalan seperti biasanya, tidak ada perubahan signifikan. Namun ditambah titik untuk mengurangi kerumunan, dari titik pusat ke titik cabang dan mempermudah protokol kesehatan,” Nizar menambahkan.

Sementara itu Fina Aprianti, Core Leader WCD Ciamis mengutarakan, persiapan yang akan dilaksanakan serentak secara nasional tanggal 19 September mendatang. “Di Ciamis sendiri Alhamdulillah persiapan sudah mencapai 70 persen,” Ujar Fina

Tahun ini WCD Indonesia bertema Bersatu untuk Indonesia Bersih, dengan mengampanyekan pergerakan melibatkan #kami13juta relawan untuk aksi cleanup dan pilah sampah dari rumah.

Fina mengatakan, tujuan signifikan WCD ini yaitu menyadarkan masyarkat agar peduli terhadap sampah dan lingkungan bersih, juga bijak dalam mengolah sampah dan mengolah sampah menjadi berkah.

Mewakili kawan-kawan relawan, Fina mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk andil dalam melakukan cleanup (beberesih di lembur) dan pilah sampah, baik dalam kegiatan WCD ataupun pilah sampah dari rumah agar tercipta Indonesia bebas sampah 2040. [man]

Komentar

Jangan Lewatkan