BIROKRASI

Tekan Angka Pengangguran, 20 Paket Pelatihan Kerja Digelar Disnakertrans Sumedang

×

Tekan Angka Pengangguran, 20 Paket Pelatihan Kerja Digelar Disnakertrans Sumedang

Sebarkan artikel ini
IST

KAPOL.ID – Pj Bupati Sumedang, Herman Suryatman menghadiri sekaligus membuka kegiatan Program Pendidikan dan Pelatihan Vokasi Pelatihan Berbasis Kompetensi (PBK) di UPTD BLK pada Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Sumedang, bertempat d Aula UPTD BLK Sumedang Rabu, 21 Februari 2024.

Kegiatan tersebut dihadiri Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Sumedang, Kepala BBPVP, Kadiskopukmpp Kabupaten Sumedang, PT. Hansae Indonesia Utama Kabupaten Majalengka, Sekcam Buahdua, Sekcam Conggeang dan Sekcam Cisitu serta para peserta pelatihan.

Kepala BLK pada Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Sumedang Rita Fitriani bersyukur pada awal tahun 2024 telah membuka paket pelatihan sebanyak 20 paket pelatihan.

“Itu bersumber dari APBN limpahan dari Balai Besar Pelatihan Vokasi dan Produktivitas Kementerian Tenaga Kerja,” ucap dia.

Dikatakan, pihaknya menempatkan sebanyak 224 orang pencari kerja langsung ditempatkan di industri dan wirausaha baru dibagi menjadi 6 paket.

“Paketnya, cross cuting dengan Diskopukmpp dan mendapatkan alat serta dilatih oleh Diskopukmpp. Mudah-mudahan acaranya berjalan dengan lancar dan terima kasih atas support dan do’anya,” ujar dia.

Pihaknya bekerjasama dengan PT Garuda Food di Rancaekek, PT Pancaragam Kabupaten Majalengka dan PT Hansae.

“Pelatihannya, bidang sawing atau menjahit yang diikuti sebanyak 160 orang,” ujar dia.

“Sosialisasinya, kita menginformasikan di media sosial atau Instagram BLK,” ucap dia.

“Kita sosialisasikan dengan kecamatan atau pemdes yang ada di Kabupaten Sumedang,” ujar dia.

Para peserta dari seluruh kecamatan di Kabupaten Sumedang dan untuk pencari kerja di Hansae kebanyakan dari daerah Ujungjaya dan Tomo.

Karena itu merupakan akses yang paling dekat dengan Majalengka. ***