Tim Putri Bandung bjb Tandamata Terima ‘Kadeudeuh’

KAPOL.ID – Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat memberikan kadeudeuh atau uang pembinaan kepada Tim Putri Bandung bjb Tandamata.

Sebelumnya, menjuarai kompetisi bola voli PLN Mobile Proliga 2022.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil memberikan kadeudeuh sebesar Rp 250 juta kepada Tim Bandung bjb Tandamata di Pendopo Rumah Dinas Gedung Pakuan Kota Bandung, Senin 28 Maret 2022

RK mengucapkan selamat kepada para pemain dan ofisial atas kemenangan meraih juara PLN Mobile Proliga 2022.

“Ini adalah gelar ketiga kalinya yang diraih tim Bandung bjb Tandamata sepanjang mengarungi kompetisi bola voli profesional se-Indonesia. Juara pertama dicapai pada 2003, lalu 2006, dan 16 tahun kemudian, yakni 2022 ini kembali merebut juara,” ujar Emil.

Atas prestasinya tahun ini, Bandung bjb Tandamata berhak berkompetisi di level internasional pada September 2022.

Ridwan Kamil optimistis, tim besutan Pelatih Alim Suseno kembali mampu menorehkan prestasi dengan kekompakan seluruh tim.

“Semoga di regional competition juga lancar dan tidak ada yang tidak mungkin dengan kekompakan,” ujarnya.

RK menitipkan, untuk lebih meningkatkan performa, Tim Bandung bjb Tandamata agar memanfaatkan teknologi olahraga yang ada di Universitas Pendidikan Indonesia (UPI).

Sebagaimana diketahui, Pemerintah Pusat belum lama ini menetapkan Jawa Barat sebagai Provinsi Sport Science dan Pusat Pembinaan Altlet.

“Gunakanlah teknologi untuk meningkatkan performa karena Jabar sudah diputuskan oleh pusat sebagai provinsi untuk sport science dan pusat pembinaan atlet,” ujar Emil.

Dengan demikian kualitas olahraga tak hanya berbasis bakat dan pelatihan, melainkan dikombinasikan dengan teknologi, khususnya teknik dalam olahraga voli.

“Jadi kita kombinasikan. Segera ke UPI, ada sport science untuk voli, baik terkait teknik oksigen, gizi atau apapun,” tuturnya.

Selain itu, prestasi yang diraih Bandung bjb Tandamata tahun ini diharapkan menginspirasi perempuan Indonesia, khususnya Jabar untuk terjun dan memopulerkan olahraga bola voli.

Saat ini bola voli masih identik dengan olahraga mayoritas perempuan yang sering digelar di perkampungan.

Bank bjb selaku pemilik Bandung bjb Tandamata terus menyelenggarakan kompetisi voli antar kampung (tarkam) di berbagai daerah di Jabar untuk mencari talenta dan bibit atlet.

“Bibit voli ini supaya terus berkembang kita bersama Bank bjb menyelenggarakan Piala Tarkam. Kalau di kampung olahraga favorit perempuan itu kan voli, kita budayakan voli tak hanya di level nasional, tapi amatir juga dengan menggunakan sport science,” ungkapnya.

Menurut Emil, dari sejumlah hasil penelitian, kesuksesan sebuah cabang olahraga bukan terletak pada kualitas induk olahraganya, melainkan seringnya menggelar kompetisi.

“Semakin banyak kompetisi, maka eksperimen-eksperimen olahraga menemukan tempat laboratorium atau lapang tandingnya. Jadi percuma kalau ada induk olahraga, tapi jarang membuat kompetisi,” pungkasnya. ***