Wakil Bupati Tasik Upayakan Solusi Perbaikan Irigasi Ciramajaya

Wakil Bupati Tasikmalaya siap upayakan solusi perbaikan irigasi Ciramajaya sesegera mungkin. (Foto: istimewa)

KAPOL.ID—Wakil Bupati Tasikmalaya, Cecep Nurul Yakin menemui massa aksi dari Kecamatan Tanjungjaya, Senin (29/11/2021). Dirinya bahkan naik “panggung demonstran” untuk menyampaikan respon.

Massa aksi yang memadati halaman depan Setda Kabupaten Tasikmalaya sendiri terdiri dari petani, karang taruna dan tokoh agama. Mereka mengeluhkan aliran air yang tidak sampai ke wilayahnya, akibat kerusakan irigasi Ciramajaya.

Politisi PPP itu mengaku memahami tuntutan massa aksi. Dirinya juga menyadari bahwa kebutuhan atas air sangat vital; baik untuk mengairi sawah maupun kebutuhan rumah tangga.

Baca juga: Ke Mana Perginya Anggaran Perbaikan Irigasi Ciramajaya?

“Saya sudah mendengar apa yang diharapkan oleh saudara-saudara sekalian. Semuanya butuh air untuk pertanian, betul?” teriak Cecep. Massa aksi langsung menimpalinya, “Betul!”

Enggan membiarkan persoalan berlarut-larut, pria yang akrab dengan sapaan CNY pun mengajak perwakilan massa aksi untuk berkoordinasi. Yaitu untuk merumuskan surat yang akan diajukan ke Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

“Saya hari ini hadir di hadapan semuanya. Saya selaku Wakil Bupati Tasikmalaya, akan melayangkan surat yang disuarakan oleh rakyat kami hari ini. Saya tidak akan lama-lama, tetapi besok akan saya bawa ke Bandung,” lanjutnya.

Persoalan tersebut mesti dibawa ke Bandung, lanjut Cecep, karena pemeliharaan irigasi Ciramajaya berada pada kewenangan PSDA Provinsi Jawa Barat. Sementara keterlibatan massa aksi dalam merumuskan surat, supaya narasinya lebih lengkap.