Connect with us

WISATA

Wisata Alam Cipatani Suguhkan Nuansa Alam dan Sungai Yang Masih Asri

|

KAPOL.ID – Kreatifitas masyarakat Kampung Nangewer, Desa Nangewer, Kecamatan Pagerageung, mampu mengubah saluran air biasa menjadi kawasan wisata luar biasa.

Setelah dipoles di sana sini, Sungai Cipatani yang melintas di kawasan itu tata menjadi lokasi wisata alam yang nyaman untuk dikunjungi. Apalagi untuk wisata keluarga.

Aliran alir yang mengalir dari Gunung Cakrabuana itu awalnya hanya mengairi sawah dan kolam di wilayah Kecamatan Pagerageung.

Namun kini dibagian bendungan di tata oleh masyarakat menjadi kawasan wisata unik dan kini mulai banyak dikunjungi wisatawan baik lokal maupun dari Bandung.

Kepala Wilayah, atau Punduh Kampung Nangewer, Yudi Risma Risandi SPdi mengatakan para pemuda dan masyarakat berinisiatif mengembangkan kawasan sungai Cipatani menjadi kawasan wisata keluarga.

“Kami pun warga dan pemuda melakukan penataan di beberapa titik sehingga terlihat lebih menarik. Dan Alhamdulillah kawasan wisata Cipatani direspon masyarakat luas,” kata Kang Yudi.

Di luar dugaan kata dia, setelah dilakukan penataan, masyarakat langsung menyerbu lokasi wisata alam Cipatani. Bahkan ada wisatawan yang sengaja datang dari luar Tasikamlaya termasuk Bandung.

Pengelola Wisata Cipatani, Mumu Hermunadi mengatakan usai lebaran warga dan pemuda sepakat untuk melakukan penataan kawasan wisata.

Dan ketika pemerintah sudah membolehkan masyarakat untuk beraktivitas normal setelah wabah Covid-19, tiba-tiba lokasi wisata diserbu masyarakat.

“Alhamdulillah saat ini obyek wisata Cipatani menjadi tujuan wisata masyarakat. Apalagi di hari libur jumlahnya sangat banyak,” katanya.

Hanya saja untuk hari Jumat obyek wisata alam yang menyuguhkan hamparan sawah yang hijau dan aliran sungai Cipatani yang mengalir bening itu ditutup, tidak bisa dikunjungi masyarakat.

“Hari Jumat kami libur itu keputusan yang ditetapkan bersama warga. Jadi untuk hari Jumat mohon maaf tidak bisa menerima kunjungan wisata,” ucapnya.

Di kawasan wisata Cipatani pengunjung bisa merasakan dinginnya aliran air yang mengalir dari Gunung Cakrabuana. Dan bisa menikmati hamparan sawah yang sangat luas.

Pengunjung bisa berenang dan bermain air menikmati aliran sungai dengan menggunakan ban bekas. Juga bisa berenang untuk anak-anak di sungai yang sudah disiapkan pengelola.

Masyarakat sekitar juga menyiapkan jajanan di lokasi wisata yang bisa dinikmati pengunjung. Lokasinya tidak begitu jauh dari jalan Raya Suryalaya dan dekat dari kantor desa.

Jadi ketika bingung menjadi lokasi wisata nyaman untuk keluarga, kawasan wisata alam Cipatani bisa menjadi alternatif.***

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Advertisement

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *