BISNIS  

Yuddy Chrisnandi Sumbangkan 100 Varietas Bambu ke Selaawi Garut

Yuddy Chrisnandi menyerahkan 100 varietas bambu secara simbolik saat saat Bambu Creative Ekspo di Kecamatan Selaawi Kabupaten Garut, Minggu (19/12/2021). *

KAPOL.ID –
Pembina Yayasan Bambu Indonesia, Prof. Yuddy Chrisnandi menyumbangkan 100 varietas Bambu saat Bambu Creative Ekspo di Kecamatan Selaawi Kabupaten Garut, Minggu (19/12/2021).

Duta Besar LBP Ukraina, Georgia dan Armenia periode 2017-2021 ini berharap dapat melestarikan dan memaksimalkan potensi bambu di daerah tersebut.

“Apresiasi kepada Camat Selaawi atas ide serya kreativitasnya serta warga masyarakat Selaawi.”

“Pak Presiden Jokowi tidak salah memberikan Kalpataru kepada Ki Jatnika Nanggamiharja pada tahun 2016. Karena ikut melestarikan dan memanfaatkan bangunan bambu,” ucapnya.

Guru Besar Unas tersebut mengatakan, Yayasan Bambu Indonesia akan membangun Pusat Studi Bambu Indonesia di Salabintana Kabupaten Sukabumi.

Di sana, 80 persen dari 100 ha lahan akan ditanami bambu dengan berbagai varietas.

Camat Selaawi, Ridwan Effendy mengatakan, di wilayahnya memiliki potensi tanaman bambu dan menjadi hasil kreasi dari bambu secara turun temurun oleh masyarakat.

Mulai untuk kebutuhan rumah tangga, karya seni hingga arsitektur rumah bambu.

“Saat diresmikan Menteri UMKM Koperasi RI, Teten Masduki potensi produktivitas bambu di Indonesia empat kali lebih besar dibanding Cina menjadi potensi bagi petani.”

“Pemerintah telah menyiapkan sejumlah stimulus dan ekosistem usaha yang sehat untuk mendukung pemulihan dan transformasi ekonomi UMKM,” tuturnya. ***