16 Kobong Pontren Maniis Tasikmalaya Ludes Terbakar

TASIKMALAYA, (KAPOL).- Belasan kobong di Pondok Pesantran Maniis Kecamatan Salopa Kabupaten Tasikmalaya ludes terbakar, Jumat (20/9/2019).

Babinsa 1219 Kodim 0612/Tasikmalaya Sertu Ano Hartono mengungkapkan, api yang membakar sebanyak 16 kobong (tempat tidur santri, red) di Pontren Maniis itu pertama terlihat oleh para santri yang sedang bersih-bersih sekitar pukul 10.00 WIB.

Teriakan para santri membuat warga dan santri berdatangan dan berupaya memadamkan api.

Namun api dengan cepat membesar dan meluluhlantahkan kobong tersebut.

“Kebakaran diduga akibat dari korsleting listrik, api yang cepat menyebar menghanguskan sebanyak 16 unit kobong Pontren Maniis. Tempat tidur santri panggung dari dinding bambu dan beratap ijuk sehingga api dengan cepat menyebar,” katanya.

Dikatakannya, Babinsa dan Binmas bersama warga setempat bersama-sama memadamkan api dengan alat seadanya. Berhubung, lanjut Ano, bahan bangunan rumah yang mudah terbakar sehingga api dapat dipadam pada pukul 11.00 WIB oleh warga sekitar pontren dan petugas.

Tidak ada korban dalam peristiwa kebakatan tersebut. Namun kerugian dari materi rumah kobong dan isinya ludes terbakar, ditaksir sekitar Rp.200 juta rupiah.

“Babinsa dan Binmas berkoordinasi dengan aparat desa menghimbau kepada masyarakat agar lebih waspada saat musim kemarau,” katanya.

Babinsa dan Binmas juga, kata Ano, menghimbau kepada masyarakat untuk segera melapor kepada aparat baik desa atau Polsek Koramil, jika ada peristiwa maupun hal yang membahayakan. (KP-07)***

Diskusikan di Facebook