HUKUM  

Bandung Choral Festival, Pendekatan Anak Muda Perangi Narkotika

KAPOL.ID – Bernyanyi, salah satu pendekatan untuk memerangi peredaran gelap narkotika dan obat terlarang, terutama di kalangan generasi muda.

Melalui kegiatan Bandung Choral Festival para generasi muda dapat meneruskan pesan-pesan anti narkoba.

Disampaikan, Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) RI Komjen Pol. Petrus Reinhard Golose.

“Kegiatan seperti ini sangat penting, terutama di kalangan generasi muda,” ujar Petrus, pada penutupan Bandung Choral Festival di Universitas Parahyangan (Unpar) Bandung, Kamis (31/3/2022) malam.

Selain itu, sinergitas antara BNN, pemerintah dan kalangan pendidikan tinggi termasuk mahasiswa sangat penting, dalam upaya war on Drugs.

“Ini merupakan duta-duta yang menyuarakan pesan anti narkoba,” ucap dia.

Ia mengatakan, BNN RI mencatat terjadi peningkatan prevalensi penyalahgunaan narkoba pada rentang usia 15-24 tahun.

Penelitian yang dilakukan tahun 2021 tersebut mencatat angka prevalensi penyalahgunaan narkoba pada rentang 15-24 tahun telah mencapai angka 1,96 persen sementara pada penelitian tahun 2019 sebesar 1,80 persen.

Untuk itu pencegahan penyalahgunaan narkotika bagi generasi muda sangat lah penting, baik di lingkungan keluarga, kampus maupun lainnya .

Pada kesempatan yang sama Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum menyampaikan apresiasi pemerintah Jawa Barat kepada BNN, yang terus berupaya agar Indonesia khususnya Jawa Barat bersih dari narkoba, dengan digelar kegiatan BNN RI ini dapat menggairahkan dan membangkitkan seluruh elemen masyarakat dalam upaya memerangi narkoba.

“Kadang-kadang pemberantasan narkoba seolah-olah tanggung jawab BNN, tanggung jawab kepolisian, padahal tanggung jawab bersama, Pemerintah Provinsi Jawa Barat selalu mendukung dan mendorong, Apapun langkah BNN yang dilaksanakan dan diputuskan,” ucapnya.

Bandung Choral Festival 2022 menjadi salah satu rangkaian kegiatan dalam kampanye pencegahan dan pemberantasan penyalahgunaan Narkoba di Indonesia dalam rangkaian HUT ke-20 BNN RI.***