DD Desa Bojongkapol Dimanfaatkan Bangun Tiga Titik Jalan

  • Bagikan
Kepala Desa Bojongkapol, Drs. Nanang Tarudin memantau pengerjaan rabat beton di tiga lokasi. Di antaranya rabat beton jalan penghubung Ciranca dengan Leuwiorok di Kampung Ciranca Rt 02/05 Kedusunan Sukasari.

KAPOL.ID–Akses jalan yang bagus menjadi keinginan masyarakat yang utama di Desa Bojongkapol, Kecamatan Bojonggambir, Kabupaten Tasikmalaya. Pasalnya di desa paling ujung di Kecamatan Bojonggambir itu masih banyak akses jalan yang rusak dan butuh perbaikan. Bahkan masih ada jalan yang masih berupa tanah merah.

Untuk itu anggaran Dana Desa (DD) tahun 2021 tahap pertama Desa Bojongkapol sebagian dialokasikan untuk membangun jalan. Setidaknya ada tiga titik jalan yang dibangun dengan struktur rabat benton.

“Ini menjadi skala prioritas karena dalam musrenbang desa banyak diusulkan masyarakat. Selain itu akses jalan bagus bisa mempermudah masyarak dalam beraktivitas,” kata Kepala Desa Bojongkapol, Drs. Nanang Tarudin, Jumat (23/7/2021).

Kegiatan tersebut di antaranya pengerjaan jalan rabat beton Ciranca–Leuwiorok dengan panjang 500 meter, lebar 2,5 meter, tebal 12 cm. Pagu anggarannya Rp. 202 .630.000.

“Rabat beton jalan Pasirluhur, panjang 200 meter, lebar 1,5 meter, tebal 12 cm, anggaran Rp. 48.662.200, dan pengerjaan rabat beton jalan Cikupa–Leuwigede sepanjang 233 meter, lebar 1,5, meter, tebal 12 cm,” ucapnya.

Pengerjaannya kata dia dilakukan dengan sistem padat karya tunai dengan melibatkan masyarakat setempat dengan sistem bergulir. Sehingga masyarakat memiliki pekerjaan di saat situasi pandemi sekarang ini.

Selain untuk infrastruktur, DD tahun 2021 tahap pertama juga sudah direalisasikan untuk beberapa kegian di antaranya, Pembagian BLT untuk 5 bulan, penangan Covid -19 atau PPKM, pemutahiran data SDGs dan kegiatan stunting. (Abdul Jalal)***

  • Bagikan