Dear Gubernur RK, Pandemi Mau Sampai Kapan?

  • Bagikan

Oleh Ibnu Bukhari
KAPOL.ID

Akhir-akhir ini, kasus aktif covid-19 di Jawa Barat terus menanjak. Di tempat saya tinggal Kota Tasikmalaya, juga demikian.

Saya bersyukur, selama pandemi covid-19 setahun setengah berjalan, sampai hari ini tidak terpapar. Tetapi bukan berarti aman, sudah pernah kontak erat dengan delapan orang terkonfirmasi positif.

Tes demi tes mulai dari rapid biasa, pakai antigen, pakai colok irung sampai PCR sudah pernah. Alhamdulillah hasilnya semua negatif.

Dari situ, saya punya pengalaman. Bukan katanya, hasil tes seperti kembali ke tahun kemarin saat awal pandemi. Butuh berhari-hari, bahkan ada yang lebih dari seminggu.

Kalau positif ataupun bergejala, yang pasti protokol isolasi harus berjalan. Bagaimana dengan hasil negatif? Berapa lama waktu produktifnya harus terpangkas.

Kebijakan bagi-bagi obat lewat aplikasi pikobar yang disampaikan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, memang keren dan canggih saat PPKM darurat.

Tapi akan lebih keren jika tes PCR hasilnya lebih cepat keluar. Selain tertangani lebih dini, juga tidak memunculkan risiko menularkan kepada orang lain.

Fase yang terjadi saat ini, penularan terjadi masif. Akhirnya rumah sakit penuh karena kasus aktif melebihi kapasitas.

Pada akhirnya, banyak orang yang menjalani isolasi mandiri di rumah mulai dari 10-14 hari.

Lebih kerennya juga kalau kebutuhan hidup pokok mereka terjamin. Tak muluk-muluk, minimal untuk makan supaya bisa minum obat dari pikobar.

Bagi yang punya gaji bulanan, setidaknya bisa bertahan hidup. Tetapi bagi orang yang hanya mengandalkan penghasilan harian, berat.

Tetangga, teman terdekat juga punya keterbatasan. Apalagi yang terpapar dan melakukan isolasi mandiri sudah sulit dihitung jari. Lebih kerennya pemerintah harus hadir.

Kira-kira pandemi ini mau sampai kapan? Pertanyaan itu selalu muncul dalam perbincangan.

Siapapun pasti ingin cepat selesai, kembali ke kehidupan di mana tidak ada pembatasan aktivitas sosial.

Akan lebih keren ketika 17 Agustus 2021 nanti kita menang melawan pandemi. Merdeka dari virus corona!!

Masih ada waktu untuk berbenah dan ‘singkahkan’ Covid-19 dari tanah pasundan Pak Gub Ridwan Kamil.***

  • Bagikan