Desa Penyangga Dasar Informasi

  • Bagikan
Peserta pelatihan pengelolaan website dan media sosial berfoto bersama Kepa la Dinas Kominfo, Kabupaten Tasikmalaya, Drs. Rudi Sonjaya Saehuri, M.Pd , Kamis (18/11/2021).

Pelatihan pengelola website dan media desa digelar Patriot Desa dan Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Tasikmalaya, Kamis (18/11/2021) di Aula Diskominfo.

Ajang itu diikuti perwakilan 25 desa se-Kabupaten Tasikmalaya. Dilaksanakan secara hybrid, kombinasi dalam jaringan (daring) dan luar jaringan (luring).

Menurut Kepala Dinas Kominfo, Drs. Rudi Sonjaya Saehuri, M.Pd, desa merupakan penyangga dasar informasi. Kendati diakui, belum semua desa bisa mengakses jaringan internet.

“Dari 351 desa di Kabupaten Tasikmalaya, ada beberapa desa yang blank spot,” katanya saat membuka acara.

Rudi berharap, pelatihan ini bisa memperkuat kapasitas perangkat desa untuk mengelola keterbukaan informasi di desa.

“Sekaligus memperkenalkan atau mempromosikan potensi desa,” katanya menandaskan.

Staf Senior Pemberdayaan Masyarakat Desa, Ajat Sudrajat, S.Kom, menuturkan kendala teknis sesulit apa pun bisa diatasi.

Menurutnya, ada dua cara memandang persoalan. Pertama dengan ‘cacakan’. Kedua dengan ‘atuh da’.

“Kita pakai yang pertama, ‘cacakan’ sinyal jelek tapi tetap berkarya. Jangan pakai ‘atuh da’. Tidak berkarya karena sinyal jelek,” ujarnya.

Desa, kata Ajat, diharapkan bisa memaksimalkan fasilitas yang ada. Paling tidak pelatihan ini bisa memicu kreativitas warga desa.

Selain Kepala Dinas Kominfo, diundang menjadi narasumber Jurnalis Radar Tasikmalaya, Tina Agustina, Desainer Usama A. Rizal, dan pegiat literasi Duddy RS.

  • Bagikan