Desa Wisata, Ritual Tolak Bala di Cipacing

JATINANGOR, (KAPOL).- Program inovasi desa kawasan Desa Cipacing (Desa Wisata), bertajuk ‘Ritual Tolak Bala’, digelar dan di dukung Djarum Coklat.

Kegiatan tersebut, dikemas yang juga diapresiasi pihak Djarum Coklat Brand Ambasador, Budi Dalton, Budi Cilok Man Jasad serta tampilan dari Ponpes Darul Hufadz (KALAWAS) Desa Cipacing.

Terpantau, kegiatan positif tersebut digelorakan Cipacing Hub dan Karang Taruna Khatulistiwa Rw 15, bertempat di Kampung Bojong Rt 01 Rw 15 Desa Cipacing, Kecamatan Jatinangor, Kab. Sumedang.

“Coklat kita jalan bersih” menjadi slogan dalam upaya memancing antusias warga dalam menjaga kebersihan lingkungan.

Unik, kegiatan tersebut digelar dan diisi lomba kebersihan lingkungan serta sosial invesment.

Pengelola Cipacing Hub, Hendrik Andiana mengatakan, pihaknya sengaja menggelar acara teraebut dalam upaya mengangkat potensi Desa Cipacing.

Disana, sebagai wilayah percontohan dalam inovasi desa berbasis kepemudaan.

“Ini bukti kreativitas warga di wilayah Rw 15, disini ditata yakni dengan melakukan penghijauan dan menggambar dinding atau tembok (Mural) dengan gaya sebutan Rainbow Village san Biovori,” ucapnya.

Aelanjutnya, disana akan ada program neonisasi, pengelolaan sampah dan wifi gratis.

Alasan Cipacing Hub melirik wilayah itu, karena kondisi warga disana seolah dikelilingi oleh tembok/dinding pembatas perusahaan.

Pajak

“Ada 250 KK disini yang juga dalam kepungan dinding pembatas bangunan pabrik. Jadi seolah-olah termarjinalkan di wilayahnya sendiri, dan apabila kita biarkan maka daerah ini akan semakin kumuh,” tandasnya.

Hendrik mengatakan, maka dari itu dipandang perlu baginya untuk mengangkat daerah ini untuk dapat perhatian khusus.

Sementara, diketahui jika warga di wilayah tersebut SDM-nya mumpuni dan kuat kreativitasnya.

“Perlu diketahui, jika Desa Cipacing ini sejak dulu mengembangkan kreatifitas nyata berupa perakit senapan angin yang sudah mendunia, sentra pengrajin layangan, sentra kerajinan kayu, sentra pengrajin pisau, dan banyak lagi produk yang lainya. Termasuk, yang tidak masuk program pemerintah akan tetapi kami mendukung program pemerintah,” paparnya.

Maka dari itu, Cipacing Hub hadir disini untuk mendorong penerapan program Pemdes Cipacing dan kecamatan Jatinangor serta mendorong program Sumedang Simpati tentang kebersihan lingkungan.

Sementara menurut Ketua Panitia, Iwan Ridwan juga, sekaligus Ketua Karang Taruna Khatulistiwa merasa bangga bisa menggelar acara yang dianggapnya spektakuler.

“Baru sekarang, bisa menggelar acara besar seperti ini. Kami memgucapkan banyak terima kasih kepada Pemdes Cipacing, Plt. Kepala Desa Cipacing Royani dan Sekdes Gugun Gunawan. Terimakasih juga untuk Cipacing Hub Kang Hendrik juga Dadang Anaking yang telah mendukung kami hingga bisa bekerja sama dengan Djarum Coklat,” tuturnya.

Gugun Gunawan, Sekdes Desa Cipacing mengatakan, atas nama pemdes akan terus mendukung apa pun kegiatan positif seperti ini.

“Apalagi ini karya anak muda yang fantastis sekaligus mendukung program Desa Wisata serta menciptakan daerah yang bersih. Didukung juga adanya penghijauan dan pengelolaan sampah,” tandasnya. (KP-25)***

Diskusikan di Facebook