oleh

Dinding Penahan RS Tipe D Purbaratu Ambrol

KAPOL.ID –
Dinding penahan sepanjang puluhan meter rumah sakit tipe D Purbaratu Kota Tasikmalaya ambrol, Rabu (18/11/2020) dinihari.

Di lokasi yang tengah dibangun tersebut sempat menutup saluran air yang berada di bawahnya. Alhasil ikan di kolam milik warga limpas terbawa air sungai yang meluap.

“Sebenarnya saat memulai pembangunan agak khawatir sebab ambrolnya dinding penahan bukan pertama kali. ”

“Ini ketiga kalinya, yang pertama retakan di belakang, kedua ada ambrol sedikit. Ini ketiga yang besar,” ujar pengembang pembangunan RS Tipe D Purbaratu, Toni Setiawan di lokasi.

Ia mengatakan, ambrolnya dinding tersebut bukan bagian dari pekerjaan yang tengah berlangsung.

Menurut informasi, pembangunan dinding tersebut berlangsung tahun 2018 silam. Perbaikan akan dilakukan segera.

“Walaupun kena dampak, Sabtu besok perbaikan secara total. Soalnya kondisinya mengkhawatirkan,” ucapnya.

Ketika ditanya terkait progres pembangunan, ia mengklaim konstruksi fisik sudah mencapai 80 persen dan akan rampung sesuai dengan kontrak.

Camat Purbaratu Wawan Gunawan mengatakan, setidaknya dua titik kejadian bencana terjadi.

Selain di RS Tipe D Purbaratu yang tengah dibangun, juga terjadi longsor akses jalan di Kp. Ciwasmandi Kelurahan Singkup.

“Yang terlihat memang ada konstruksi tidak ideal di dua titik tersebut. Sebenarnya sudah sama-sama tahu risiko yang ditimbulkan,” katanya.

Ia menyarakan pengembang pembangunan rumah sakit untuk segera melaporkan ke dinas terkait. Sebab konstruksi dinding tersebut riskan apalagi ada tambahan beban.

“Hujan juga terjadi semalaman. Dulu saat awal kesini ada kekhawatiran, dan mudah-mudahan tidak terulang. Apalagi saat rumah sakit sudah beroperasi,” katanya. ***

Komentar