DPRD Baru Bahas Persiapan Wali Kota Tasik Definitif Besok

  • Bagikan
Plt. Wali Kota Tasikmalaya, H. M. Yusuf otomatis akan mengisi jabatan Wali Kota Tasikmalaya setelah proses administrasi di DPRD dan Pemerintah Pusat rampung.* *

KAPOL.ID –
SK Pemberhentian Wali Kota Tasikmalaya nonaktif Budi Budiman dari Mendagri RI sudah di Tangan DPRD Kota Tasikmalaya sejak, Senin (26/7/2021).

Namun hingga hari ini, Selasa (27/7/2021) belum ada pembahasan secara resmi di kalangan pimpinan DPRD Kota Tasikmalaya.

Menanggapi hal tersebut, Sekretaris DPRD Kota Tasikmalaya, Oslan Khaerul Fatah menjelaskan rapat pimpinan membahas hal tersebut sudah terjadwal.

“Kebetulan saya hari ini sedang sakit dan disarankan istirahat dahulu, dijadwalkan rapat pimpinan atau bamus besok pagi,” katanya.

Ia mengatakan, rapim atau bamus nantinya menjadwalkan untuk rapat paripurna pengusulan wali kota di sisa jabatan periode 2017-2022.

“Setelah itu penggantinya yang menjabat Wakil Wali Kota Tasik saat ini, Pak Yusuf diusulkan ke Mendagri RI melalui Gubernur Jabar menjadi Wali Kota,” jelasnya.

Ia mengatakan komunikasi antara eksekutif dengan legislatif berjalan lancar tanpa kendala.

Adapun proses administrasi memang harus ditempuh terlebih dahulu.

“Intinya secepatnya, tidak akan lama. Bamus besok, lalu paripurna. Setelah itu wali kota definitif dilantik,” katanya.

Informasi yang dihimpun KAPOL.ID, Wali Kota nonaktif H. Budi Budiman diputuskan majelis hakim menjalani hukuman 1,5 tahun kurungan.

Sesuai aturan di sisa masa jabatan, posisi Wali Kota Tasikmalaya otomatis digantikan oleh Wakil Wali Kota Tasikmalaya yang menjabat saat ini H. Muhammad Yusuf. ***

  • Bagikan