Gakumdu Pilkades Nyaris Luput dari Perhatian

KAPOL.ID – Sentra Penegakan Hukum Terpadu (Gakumdu) Pemilihan Kepala Desa sampai sejauh ini masih luput. Lembaga ini nyaris tak disebut-sebut selama Pilkades serentak berlangsung di beberapa daerah baru-baru ini. Padahal posisinya sangat penting.

Gakumdu selayaknya pusat aktivitas penegakan hukum tindak pidana Pemilu yang terdiri dari unsur Badan Pengawas Pemilihan Umum, Badan Pengawas Pemilihan Umum Provinsi, dan/atau Badan Pengawas Pemilihan Umum Kabupaten/Kota, Kepolisian, dan TNI.

Pilkades serentak gelombang ketiga di Kabupaten Garut, tampaknya perlu perhatian khusus. Walaupun pelaksanaan Pilkades 6-8 Nopember relatif kondusif, perbedaan perolehan suara yang tipis di beberapa desa, mesti dicermati.

Masalah yang sempat mencuat di antaranya, di Desa Karangpawitan massa pendukung paslon 03 mendatangi Kantor Kecamatan Karangpawitan terkait adanya beberapa temuan.

Diungkapkan ada dugaan pemilih dibawah umur, kelebihan hak pilih, dan dugaan ketidaknetralan panitia pemilihan lokal. Belakangan, selisih tipis suara sekitar 13 suara di desa itu membuka peluang untuk terjadi negosiasi politik lanjutan.

Di Desa Lembang, Kecamatan Leles, Kabupaten Garut, persoalannya nyaris senada. Hasil Pilkades selisih tipis cuma 3 suara.

Demikian pula di Desa Mekarjaya Kecamatan Sukaresmi. Dugaan yang mengemuka pengaduan penggelembungan suara. Ada perbedaan antara surat suara yang disebar sekitar 3.044 sedang yang terpakai 3.141 ada kelebihan suara sekitar 97 suara. Lagi-lagi selisih suara pemenang dengan rival terdekatnya, cuma 91 suara.

Sedikitnya ada 15 desa yang selisih suaranya di bawah 100. Berikut ini catatan selengkapnya:

– Desa Padahurip Kecamatan Banjarwangi selisih 80 suara
– Desa Sukalaksana Kecamatan Banyuresmi selisih 57 suara
– Desa Gunamekar Kecamatan Bungbulang selisih 30 suara
– Desa Cimahi Kecamatan Caringin selisih 25 suara
– Desa Sagara Kecamatan Cibalong selisih 14 suara
– Desa Mekarsewu Kecamatan Cisewu selisih 84 suara
– Desa Panggalih Kecamatan Cisewu selisih 34 suara
– Desa Karangpawitan Kecamatan Karangpawitan selisih 13 Suara
– Desa Lembang Kecamatan Leles selisih 3 Suara
– Desa Mekarsari Kecamatan Mekarmukti selisih 90 suara
– Desa Jayamekar Kecamatan Pakenjeng selisih 32 suara
– Desa BojongKidul Kecamatan Pameungpeuk selisih 50 Suara
– Desa Mekarjaya Kecamatan Sukaresmi selisih 91 Suara
– Desa Padamukti Kecamatan Sukaresmi selisih 71 Suara
– Desa Mekarwangi Kecamatan Sukawening selisih 34 Suara

Diskusikan di Facebook