Gempita Adukan Kepala Desa Tanjungkarang ke DPRD dan Inspektorat

Gempita
Ratusan masyarakat yang tergabung dalam Gerakan Masyarakat Peduli Tanjungkarang (Gempita) memenuhi ruang paripurna gedung DPRD Kabupaten Tasikmalaya. (Foto: kapol.id/Amin R. Iskandar)

KAPOL.ID–Gerakan Masyarakat Peduli Tanjungkarang (Gempita) mengadukan perilaku Kepala Desa Tanjungkarang Kecamatan Cigalontang kepada DPRD dan Inspektorat Kabupaten Tasikmalaya, Rabu (25/5/2022). Aduan tersebut disampaikan dalam audiensi di ruang paripurna gedung DPRD Kabupaten Tasikmalaya.

Ketua Gempita, Iwan Irawan menyampaikan lima poin aduan serta tuntutan pada kesempatan tersebut. Pertama, kata Iwan, Gempita sudah jengkel oleh Kepala Desa Tanjungkarang yang melakukan pembangunan untuk kepentingan pribadi, alih-alih untuk kepentingan masyarakat.

“Di desa kami banyak pembangunan yang bukan berasal dari usulan masyarakat. Misalnya pembangunan gedung serba guna dan perpustakaan. Buat apa, toh masyarakat tidak bisa mengakses itu. Poinnya, banyak pembangunan yang bahkan tidak berdasarkan hasil Musyrenbang,” ujar Iwan.

Adapun pembangunan yang sangat masyarakat rindukan adalah pada sektor perbaikan jalan. Sudah cukup lama jalanan di Desa Tanjungkarang bolong-bolong di banyak titik.

Kedua, Iwan mengutarakan bahwa Gempita menuntut agar ada upaya pengusutan tuntas atas dugaan korupsi dana desa tahun anggaran 2019 hingga 2021. Pasalnya, Gempita menemukan indikasi tindak pidana korupsi dari beberapa proses pembangunan yang dananya habis tapi hasilnya tidak sesuai dengan besaran anggaran.