Haris Sanjaya, Syaiful Huda Layak Dievaluasi, Dukung Muswilub PKB Jabar

  • Bagikan

KAPOL.ID –
Mantan Ketua DPC PKB Kab. Tasikmalaya dua periode, Haris Sanjaya mengungkapkan kegundahan kondisi PKB Jawa Barat saat ini.

Di bawah kepemimpinan Ketua DPW Mas Syaiful Huda, PKB Jawa Barat menjadi partai yang tercerabut dari akar historisnya.

Partai yang dilahirkan oleh jamiyyah NU dan berbasis pada ketokohan ulama dan pondok pesantren.

“Dia juga tidak bijak dalam memahami kultur Jawa Barat, tanpa lagi mempertimbangkan eksistensi kader yang berjuang berdarah-darah di PKB,” sebut Haris.

Haris Sanjaya menuturkan pengalaman secara langsung bagaimana karakter kepemimpinan Mas Huda menghabisi kader-kader ideologis PKB.

Contohnya pilkada serentak tahun 2020 lalu. Sebelum memasuki tahapan Pilkada Kabupaten Tasikmalaya, Haris Sanjaya ditekan yang bersangkutan agar tidak maju.

Padahal di bawah kepemimpinannya, PKB Tasikmalaya pada pileg 2014 melonjak kursinya dari 5 kursi menjadi 8 kursi.

Pada Pileg 2019 juga bisa mempertahankan 8 kursi dan meningkatkan perolehan suara.

Pun dalam pelaksanaan Musancab DPAC, DPW seenaknya menggusur kader di bawah dengan batasan usia.

Padahal menurut Haris, semata berbasis milenial juga masih rawan bagi PKB, karena basis kultur ideologis dan nahdliyin di wilayah pinggiran harus dirawat.

“Mas Huda dalam mekanisme penjaringan bakal calon ketua DPC, untuk mendapat rekomendasi DPW juga dengan tanpa menggunakan ketentuan sebagaimana diatur dalam AD/ART PKB,” katanya.

Dirinya pun mendapatkan kabar kawan-kawan DPC PKB di Jawa Barat akan bertemu dan konsolidasi menyatukan langkah dan gerakan.

Untuk mengevaluasi PKB Jabar di bawah kepemimpinan Mas Syaiful Huda.

“Saya sedih melihat bagaimana sosok Kang Jimmy Karawang diperlakukan dan dihinakan seperti itu. Di depan forum dan disebarluaskan di medsos.”

“Banyak kang Jimmy lain yang lama berjuang dan memimpin PKB Kabupaten/Kota yang terkena imbas arogansi Mas Huda ini,” ungkap Haris yang sempat maju sebagai Calon Wakil Bupati ini.

Pihaknya bersama kang Jimmy serta setidaknya ada 22 DPC PKB di Jawa Barat siap agar kepemimpinan Mas Huda di PKB Jabar dievaluasi sampai harus harus di gelar Muswil Luar Biasa (MLB).***

  • Bagikan