Inilah Makam Para Leluhur yang Disambangi Bupati Ciamis Menjelang HUT ke-379 Tatar Galuh

  • Bagikan
Bupati Ciamis, Herdiat Sunarya menabur bunga di makam Raden Adipati Arya Kusumahdiningrat, tempo hari. [ciamiskab.go.id]

KAPOL.ID – Bupati Ciamis, Herdiat Sunarya, didamping Wakil Bupati, Yana D. Putra, menyambangi makam leluhur sebelum memperingati Hari Jadi ke-379 Kabupaten Ciamis. Unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) juga turut menyertai.

Napak tilas sembari mendoakan para pendahulu yang telah membangun Tatar Galuh. Ziarah ke makam leluhur itu sudah menjadi agenda rutin menjelang hari jadi.

Makam Raden Adipati Arya Panji Jayanegara (Bupati Galuh 1636-1678) yang pertamakali dikunjungi. Rombongan berangkat dari pendopo pukul 08.00, selang beberapa waktu tiba di Ciwahangan Girang, Desa Imbanagara.

Setelah menabur bunga di makam RAA Panji Jayanegara, menuju Cigadung, tempat dimakamkan Raden Tumenggung Wiradikusumah (Bupati Galuh 1814-1819). Kemudian bergerak ke Jambansari Selagangga, makam RAA Kusumahdiningrat (Bupati Galuh 1839-1886). Dilanjutkan ke makam RAA Kusumahsubrata di Sukasirna.

Ziara pamungkas di Astana Gede, menabur bunga di makam Dalem Adipati Singacala, tokoh penting yang menyebarkan ajaran Islam di Tatar Galuh.

  • Bagikan