Jabar Tuan Rumah East Local and Regional Government Congress 2022

  • Bagikan
Sekretaris Daerah Jabar Setiawan Wangsaatmaja. *

KAPOL.ID –
Jawa Barat bakal menjadi tuan rumah East Local and Regional Government Congress ke-11 yang diselenggarakan pada 2022 mendatang.

Forum pemerintahan yang digagas Provinsi Nara Jepang ini melibatkan 75 provinsi di tujuh negara, yakni Jepang, China, Malaysia, Indonesia, Filipina, Korea Selatan, dan Vietnam.

“Menjadi tuan rumah mendatangkan keuntungan tersendiri dalam proses pembangunan terutama dalam pemulihan pandemi Covid-19,” ucap Sekretaris Daerah Jabar Setiawan Wangsaatmaja.

Ia mengatakan, banyak hal dapat dikerjasamakan antaranggota, karena dimungkinkan ada saling berbagi pengalaman dalam menjalankan roda pemerintahan di masing–masing provinsi.

“Yang jelas kita sudah punya ikatan kerja sama G to G, misalnya di bidang transportasi.”

“Peningkatan perekonomian, dan bidang teknis lain,” ujar Setiawan di Ballroom Trans Luxury Hotel, Kota Bandung, Rabu (17/11/2021)

Pada pra even yang melibatkan Sekda se-Jabar, Setiawan meminta masukan terkait isu yang dapat diangkat dalam East Local and Regional Government Congress mendatang.

“Kuncinya kita harus bisa mengangkat isu apa yang sifatnya lokal, regional maupun global bisa disampaikan pada perhimpunan nantinya,” katanya.

Saat pemaparan, ia membeberkan pengendalian covid-19 secara virtual di hadapan anggota dari Jepang, China, dan Korea Selatan.

“Salah satu kunci Jabar memanfaatkan teknologi digital yakni aplikasi PeduliLindungi. Kemudian 3T (tes–telusur–tindak lanjut) oleh pemerintah.”

“Serta akselerasi vaksinasi dengan pola pentaheliks antara akademisi–bisnis – komunitas–pemerintahan –media,” katanya.

Dalam hal pemulihan ekonomi, lanjut dia, Jabar bertumpu pada dua kawasan metropolitan yakni Bandung Raya dan Bodekarpur ditambah kawasan Rebana Metropolitan.

“Jabar juga mengandalkan UMKM sebagai benteng ekonomi rakyat yang diakselerasi dengan memanfaatkan promosi digital melalui e-commerce”, ujarnya.***

  • Bagikan