Jalan Bagus Panen Melimpah, Warga Kampung Sedalewih Syukuran Botram

  • Bagikan
Warga Kampung Sedalewih botram bersama di jalan yang baru saja dibangun. Itulah wujud syukur atas pembangunan dan hasil panen yang melimpah.

KAPOL.ID–Masyarakat Kampung Sedalewih, Desa Puteran, Kecamatan Pagerageung, Kabupaten Tasikmalaya punya cara tersendiri dalam mensyukuri karunia Allah. Mereka kompak menggelar botram atau makan bersama di sepanjang jalan yang baru selesai dibangun, Minggu (22/8/2021).

Sebelum botram, masyarakat berjalan menuju jalan baru. Masing-masing keluarga membawa nasi lengkap dengan lauknya. Kemudian menggelar tikar untuk alas makan bersama.

Antarwarga pun saling tukar makanan. Kebersamaan yang luar biasa. Pada hari tersebut tidak ada satu pun warga yang bekerja atau ke luar kampung. Mereka bersyukur bersama.

“Kami bersyukur karena jalan yang sebelumnya rusak sudah dibangun. Begitu juga para petani selesai panen. Kami semua sepakat untuk merayakan kemenangan ini dengan botram bersama,” kata Kang Yoyong, salah seorang tokoh masyarakat Sedalewih.

Kehadiran Wakil Bupati Tasikmalaya, Cecep Nurul Yakin, di tengah-tengah mereka menambah kebahagia masyarakat. Bahkan kedatangannya di luar dugaan.

Begitu tiba di lokasi, Kang Cecep langsung disambut warga yang sebelumnya selesai makan dan masih belum beranjak dari jalan. Mereka berjejer sambil menyanyikan lagu “Indonesia Raya”.

Syukuran warga tersebut memang masih dalam nuansa perayaan Kari Kemerdekaan Indonesia. Kehadiran pemimpin ke tengah masyarakat menjadi pelengkap kebahagiaan pada hari merdeka.

“Alhamdulillah pimpinan di Kabupaten Tasikmalaya bisa datang dan menyapa kami masyarakat Sedalewih. Ini anugerah yang luar biasa. Kami doakan semoga Kang Cecep bisa membawa kemaslahatan bagi masyarakat,” tambah Yoyong.

Kepala Wilayah Sedalewih, Asep Hadi menyatakan masyarakat sangat bergembira dengan kehadiran pimpinan daerah di wilayahnya.

“Kemerdekaan tahun 2021 ini sangat bermakna bagi masyarakat Sedalewih. Jalan bagus, panen di sawah berlimpah dan ditengok langsung oleh pimpinan di Kabupaten Tasikmalaya,” katanya.

Namun demikian warga dalam merayakan syukuran tersebut dengan menerapkan protokol kesehatan dan tidak menerima warga dari luar kampung, selain rombongan Wakil Bupati yang hanya beberapa orang saja.

Dalam kesempatan itu, Wakil Bupati Tasikmalaya, Cecep Nurul Yakin mengajak masyarakat untuk selalu bersyukur atas karunia yang telah Allah berikan. Ia juga mengajak masyarakat untuk berbagi kemaslahan kepada sesama. Pimpinan di daerah menghadirkan kemaslahan bagi masyarakat dan masyarakat menghadirkan kemaslahan bagi keluarga dan juga tetangga.

“Mari kita semua menciptakan keluarga yang barokah, yang tidak hanya di dunia saja tetapi sampai jannah. Keluarga yang harmonis dan bahagia. Karena bahagia bisa meningkatkan imun kita,” katanya.

Kang Cecep juga mengingatkan masyarakat untuk selalu menjaga protokol kesehatan dan selalu menjaga kesehatan. Ini penting agar pandemi Covid-19 segera hilang dari wilayah Kabupaten Tasikmalaya.

  • Bagikan