KANAL  

Jalan Tol Getaci, Sudah Sampai Mana?

Tol Getaci
Peta pembangunan jalan Tol Getaci.

KAPOL.ID–Banyak warga Kabupaten Tasikmalaya yang penasaran, sudah sampai mana pembangunan jalan Tol Gedebage–Tasikmalaya–Cilacap (Getaci)? Pasalnya, di Kabupaten Tasikmalaya belum ada tanda-tanda pembangunannya.

Seperti Andriani. Salah seorang warga Singaparna itu mengaku kurang sabar akan terwujudnya jalan Tol Getaci. Karena ia berharap akses ke luar kota semakin mudah.

“Katanya bakal selesai tahun 2024. Sekarang kan tahun 2022 saja sudah bulan Agustus, bulan kedelapan. Emang bakal selesai dibangun dalam setahun?” ujar Andriani, Selasa (2/8/2022).

Saat kapol.id mengonfirmasi kepada Wakil Gubernur Jawa Barat, Uu Ruzhanul Ulum memastikan kalau pembangunan jalan Tol Getaci masih sesuai rencana. Tahap pertama ini sepanjang Gedebage–Garut–Tasikmalaya.

“Pembangunannya terus maju. Masih sesuai rencana. Sekarang kan baru tahap pertama,” ujar Uu selepas membuka acara peluncuran Jabar Ngabret Digital bagi Kader Posyandu di Islamic Center Kabupaten Tasikmalaya.

Mantan Bupati Tasikmalaya tersebut juga menegaskan kalau sejauh ini pembangunan jalan Tol Getaci baru sampai Kabupaten Garut. Ia berharap juga prosesnya cepat selesai dan mendpat dukungan dari masyarakat.

“Saya harap dukungan semua pihak agar cepat selesai. Karena kami memang sangat membutuhkan dukungan itu,” Uu menandaskan.

Pada pemberitaan sebelumnya, Wakil Bupati Tasikmalaya, Cecep Nurul Yakin mengaku bahwa Pemerintah Tasikmalaya tengah memikul beban berat bila exit tol Getaci ada di Kabupaten Tasikmalaya. Lantaran mau tidak mau akan berimplikasi pada banyak hal.

“Saat terjadi pertumbuhan di wilayah exit tol, tentunya akan beririsan dengan RTRW dan RDTR Kabupaten Tasikmalaya. Tapi itu (lokasi exit tol, Red.) sepenuhnya kewenangan Pemerintah Pusat,” tambahnya.

Ketika terjadi perubahan tata ruang, maka dalam keyakinan politikus PPP itu juga akan terjadi perubahan terhadap berbagai situs. Salah satu yang hampir pasti adalah penyusutan lahan basah.

“Karena itu, tentu kami sangat mengharapkan doa serta dukungan masyarakat Kabupaten Tasikmalaya. Di mana-mana juga Undang-undang yang di bawah akan menyesuaikan dengan yang di atas,” harapnya.

Support KAPOL with subscribe, like, share, and comment

Youtube : https://www.youtube.com/c/kapoltv

Portal Web : https://kapol.tv/
Portal Berita : https://kapol.id/
Facebook : https://www.facebook.com/kabar.pol
Twiter : https://twitter.com/kapoltv
Instagram : https://www.instagram.com/kapol_id